Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Matematika Berdasarkan Teori Respon Butir
dc.contributor.author | Kurniawan, Devi Dwi | |
dc.date.accessioned | 2015-05-18T08:15:34Z | |
dc.date.available | 2015-05-18T08:15:34Z | |
dc.date.issued | 2015-03-07 | |
dc.identifier.citation | [1] Allen, Mary J., & Yen, Wendy M. (1979). Introduction To Measurement Theory. California: Brooks/Cole Publishing Company. [2] Anastasi, A., & Urbina, S. (1997). Tes Psikologi. (Edisi Bahasa Indonesia), Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo [3] Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press. [4] Hamblenton, R.K. dan Swaminathan, H. (1985). Item response theory. Boston, MA : Kluwer Inc. [5] Hamblenton, R.K., Swaminathan, H. & Rogers, H.J. (1991). Fundamental of item response theory. Newbury Park, CA : Sage Publication Inc. [6] Lilis Tri Ariyana. (2011). Analisis Butir Soal Ulangan Semester Gasal IPA Kelas IX SMP di Kabupaten Grobokan. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. [7] UU No. 20 Tahun 2003 tentang Standar Nasional Pendidikan. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978.602.361.002.0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/5996 | |
dc.description.abstract | Studi ini bertujuan untuk melihat kualitas tes ujian akhir semester (UAS) matematika berdasarkan teori respon butir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah respon siswa dalam tes bentuk pilihan ganda UAS I matematika kelas VII SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015. Untuk melihat kualitas soal UAS I matematika berdasarkan teori respon butir dilakukan dengan bantuan program BILOG. Pada penelitian ini analisis kualitas soal berdasarkan teori respon butir menggunakan model dua parameter logistik (2-PL) yakni parameter daya beda (a) dan parameter tingkat kesukaran (b). Hasil analisis kualitas soal menggunakan program BILOG menunjukan bahwa dari 30 butir yang dianalisis dengan teori respon butir model dua parameter logistik terdapat 13 butir (43,33%) yang termasuk dalam kategori butir yang baik, sedangkan 15 butir (50%) yang termasuk kategori yang tidak baik dan 2 butir (6,67%) yang secara otomatis gugur saat proses analisis sehingga tergolong kedalam kategori butir yang tidak baik. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.title | Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Matematika Berdasarkan Teori Respon Butir | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2015
Peran Matematika dan Pendidikan Matematika dalam Menghadapi Isu-isu Global