Peran Pembelajaran IPA di Sekolah Dalam Membangun Karakter Anak
Abstract
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak
serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia
yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta
bertanggungjawab. Namun, selama ini implementasi tujuan dan fungsi pendidikan
sebagaimana amanah undang-undang tersebut belum sepenuhnya terealisasi. Hal
tersebut disebabkan oleh pembangunan jati diri dan karakter bangsa yang semakin
memudar akibat kurangnya kesadaran dan keteladanan, serta pembelajaran yang
belum banyak memberi kontribusi optimal dalam pembentukan karakter pesera didik.
Untuk itu, perlu ditanamkan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran ke dalam
diri anak sebagai peserta didik yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta
didik agar menjadi manusia berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik. Salah
satunya yakni melalui pembelajaran IPA. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran IPA
selain terdapat aspek produk dan proses juga terdapat aspek sikap. Adanya
pembentukan sikap yang baik dari peserta didik diharapkan dapat membentuk karakter
yang baik pula, sehingga diharapkan dapat membangun kehidupan bangsa yang lebih
berhasil. Karena keberhasilan suatu bangsa dapat dicerminkan melalui kualitas sumber
daya manusia di dalamya.