Variasi Pandangan Siswa terhadap Penanaman Nilai Toleransi Kehidupan Beragama di Sekolah dan Masyarakat
View/ Open
Date
2015-05-09Author
Rahmawati, Fitri Puji
Sufanti, Main
Sabardila, Atiqa
Metadata
Show full item recordAbstract
Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai: (1)
pandangan siswa terhadap penanaman nilai toleransi beragama di sekolah dan (2)
pandangan siswa terhadap tpenanaman nilai toleransi beragama di masyarakat.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data yang berupa informasi
tentang pandangan siswa terhadap penanaman nilai toleransi kehidupan beragama di
sekolah maupun masyarakat digali denganwawancara dan angket. Subjek penelitian ini
adalah siswa SMA Muhammadiyah 1Surakarta dan SMA Muhammadiyah 2 Surakarta
yang berjumlah 97 siswa. Teknikvalidasi data dalam penelitian ini adalah triangulasi
metode. Data dianalisis denganteknik analisis interaktif.
Hasil penelitin dapat diseskripsikan bahwa penanaman nilai tolerasi kehidupan
beragama di sekolah diterapkan dengan modeling/teladan dari guru. Siswa
mendapatkan contoh riil dari sikap guru dalam menyingkapi toleransi kehidupan
beragama yang berbeda baik dengan sesama guru atau siswa. Toleransi kehidupan
beragama yang juga dideskripsikan oleh siswa adalah kehidupan beragama di
masyarakat. Siswa mendeskripsikan pandangannya bahwa toleransi kehidupan
beragama di masyarakat telah mereka ketahui dari tradisi atau kebiasaan masyarakat
dalam menghormati warga beda agama. Bentuknya dengan tidak membedakan ketika
menolong, menjenguk warga yang sakit, bergotong royong, dan tidak mengejek ibadah
satu dengan yang lain.