Variasi Pandangan Siswa terhadap Penanaman Nilai Toleransi Kehidupan Beragama di Sekolah dan Masyarakat
dc.contributor.author | Rahmawati, Fitri Puji | |
dc.contributor.author | Sufanti, Main | |
dc.contributor.author | Sabardila, Atiqa | |
dc.date.accessioned | 2015-05-19T07:39:01Z | |
dc.date.available | 2015-05-19T07:39:01Z | |
dc.date.issued | 2015-05-09 | |
dc.identifier.citation | Alwi, Hasan, et al. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Azkar. M. 2012. “Peran Sosial Guru Pendidikan Agama Islam dalam MembinaKerukunan Umat Beragama (Studi Kasus Pengembangan KompetensiSosial Guru Pendidikan Agama Islam SMAN 1 Pemenang Lombok Utara)”.Tesis. Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Malang. (http://lib.uinmalang.ac.id/?mod=th_detail&id=10770002, diakses 14 April 2013 jam 4.56 WIB). Arofah, Lailatul. 2010. “Pola Pendidikan Islam dalam mewujudkan KerukunanHidup antar Umat Beragama di Desa Deyangan Kecamatan Mertoyudan,Kabupaten Magelang Tahun 2009.”(http://perpus.stainsalatiga.ac.id/seg.php?a=detil&id=246, diakses 14April 2013 pukul 4.53 WIB). Fatullah, Amal. 2008. “Pendidikan Islam tentang Kerukunan Umat Beragama (Studi Normatif Praksis pada SMAN Kota Banjarmasi”. Tesis. ProgramPascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin.(http://elibrary.pptasari.ac.id/index.php?menu= ibrary&act=detail&libraryID=46, diakses 14 April 2013 jam 4.58 WIB) Helim, Abdul; Abu Bakar; Normuslim; dan Ajahari. 2009. “Kerukunan danKerawanan Sosial Antar Umat Beragamadi Kota Palangka RayaKalimantan Tengah”. STAIN Palangka Raya.(http://www.abdulhelim.com/2012/05/kerukunan-dankerawanan- sosialantar.html, diakses 14 April 2013). Miles. Matthew B. Dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif,Buku Sumber tentang metode-Metode Baru (Diterjemahkan oleh TjetjepRohendi Rohidi). Jakarta: Universitas Indonesia. Puskur Balitbang Kemendikbud. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya danKarakter Bangsa. Jakarta. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suryana, Toto. 2011. “Konsep dan Aktualisasi Kerukunan antarumat Beragama”dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam Ta'lim, vol. 9, no. 2, hlm. 127. Susanti, Dian Endah. 2012. “Model Pembelajaran Toleransi Antar UmatBeragama dalam PKN di SMA Selamat Pagi Indonesia KecamatanBumiaji Kota Batu.” Skripsi. Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, ProdiPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. (http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/PPKN/article/view/19603, diakses 14 April2013 jam 5.22 WIB). www.Tempo.com , 22 April 2015 www.lppminstitut.com, 22 April 2015 | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-1-2 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6013 | |
dc.description.abstract | Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai: (1) pandangan siswa terhadap penanaman nilai toleransi beragama di sekolah dan (2) pandangan siswa terhadap tpenanaman nilai toleransi beragama di masyarakat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data yang berupa informasi tentang pandangan siswa terhadap penanaman nilai toleransi kehidupan beragama di sekolah maupun masyarakat digali denganwawancara dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 1Surakarta dan SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 97 siswa. Teknikvalidasi data dalam penelitian ini adalah triangulasi metode. Data dianalisis denganteknik analisis interaktif. Hasil penelitin dapat diseskripsikan bahwa penanaman nilai tolerasi kehidupan beragama di sekolah diterapkan dengan modeling/teladan dari guru. Siswa mendapatkan contoh riil dari sikap guru dalam menyingkapi toleransi kehidupan beragama yang berbeda baik dengan sesama guru atau siswa. Toleransi kehidupan beragama yang juga dideskripsikan oleh siswa adalah kehidupan beragama di masyarakat. Siswa mendeskripsikan pandangannya bahwa toleransi kehidupan beragama di masyarakat telah mereka ketahui dari tradisi atau kebiasaan masyarakat dalam menghormati warga beda agama. Bentuknya dengan tidak membedakan ketika menolong, menjenguk warga yang sakit, bergotong royong, dan tidak mengejek ibadah satu dengan yang lain. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Pandangan | in_ID |
dc.subject | nilai toleransi | in_ID |
dc.subject | kehidupan beragama | in_ID |
dc.subject | sekolah | in_ID |
dc.subject | masyarakat | in_ID |
dc.title | Variasi Pandangan Siswa terhadap Penanaman Nilai Toleransi Kehidupan Beragama di Sekolah dan Masyarakat | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015
Aktualisasi Bimbingan Konseling pada Pendidikan Dasar Menuju Peserta Didik yang Berkarakter