dc.contributor.author | Aristya, Ferry | |
dc.date.accessioned | 2015-05-19T07:44:03Z | |
dc.date.available | 2015-05-19T07:44:03Z | |
dc.date.issued | 2015-05-09 | |
dc.identifier.citation | Amukowa, W. dan S.O. Gunga. 2013. “The Role of Anti-corruption Education in the Light of Aristotelian Concept of Akrasia: An Epistemic Inquiry into the Anti Corruption Initiatives in Kenya”. Mediteranean journal of Social Sciences. (Jurnal Online). Diperoleh dari http://erepository.uonbi.ac.ke /handle/11295/41999. 4 (4). (diunduh 5 Desember 2014). Antika, E. 2013. “Pengembangan Media Film sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Antikorupsi yang Terintegrasi dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan”. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. (Jurnal Online). Diperoleh dari http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/PPKN/search /titles?searchPage=12. (diunduh 5 Desember 2014). Dahar, R.W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga. Handoyo, E. (Ed.). dkk. 2011. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Semarang: Widya Karya. Hassan, F. 2004. Pendidikan adalah Pembudaya. Jakarta: Kompas. Johnson, J. dan T. Soreide. 2013. “Methods for Learning What Works and Why in Anticorruption: An Introduction to Evaluation Methods for Practitioners”. Artikel U4 Anti-Corruption Resource Centre. (Jurnal Online). Diperoleh dari http://www.u4.no/publications/methods-for-learning-what- works-and-why-inanti- corruption-an-introduction-to-evaluation- methods-for-practitioners/. (diunduh 5 Desember 2014). Joyce, Bruce, dan M. Weil. 2000. Model of Teaching. Boston: Allyn and Bacon. Klitgaard, R. 2005. Membasmi Korupsi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Lucio, William H., McNeil, John D. 1969. Supervision: a Shyntesis of Thought and Action New York: McGries Hill Book Company. Nieveen, N. 1999. “Formative Evaluation in Educational Design Research”. Dalam Tjeerd Plomp & Nienke Nieveen (Ed.). An Introduction to Educational Design Research. Netherland: Netzodruck, Enschede. Ha; 89-102. Samsudi. 2009. Desain Penelitian Pendidikan. Semarang: UNNES Press. Stahl, J. 2008. A Vision of Powerful Teaching and Learning in the Social Studies: Building Social Understanding and Civic Efficacy. Jurnal for Social Studies. USA: National Council for Social Studies. Waldorf, Maryland. Hal.2. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sujana, N. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2008. Jakarta: Diperbanyak oleh Visimedia. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-1-2 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6015 | |
dc.description.abstract | Pemberantasan korupsi tidak cukup dilakukan pemerintah melalui penegakan hukum
semata tetapi perlu dukungan semua pihak. Salah satunya melalui pendidikan
antikorupsi. Berdasarkan hasil field study di SDN Kalimacan 1, SDN Krikilan 1, dan
SDN Jetiskarangpung 1 belum ada pembelajaran antikorupsi. Pembelajaran yang
masih didominasi aspek kognitif kurang mampu membentuk karakter siswa dalam hal
ini sikap antikorupsi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk model PANKORFI,
mengkaji penerapan model PANKORFI, dan menganalisis hasil belajar siswa setelah
penerapan model PANKORFI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
dengan desain Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN
Jetiskarangpung 1 untuk uji terbatas, siswa kelas IV SDN Krikilan 1 sebagai kelas
kontrol, dan siswa kelas IV SDN Kalimacan 1 sebagai kelas eksperimen. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar observasi, skala sikap, angket,
dan lembar validasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis
instrumen soal tes, dan uji banding dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan produk
model PANKORFI telah memenuhi kriteria valid dan layak untuk diimplementasikan
dalam pembelajaran. Model PANKORFI mampu mendorong pembelajaran efektif
ditinjau dari analissi uji-t hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan rata-rata 84,7
lebih tinggi dari kelas kontrol dengan rata-rata 78,5. Saran yang direkomendasikan
adalah model PANKORFI perlu diterapkan untuk penanaman nilai-nilai antikorupsi. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Model PANKORFI | in_ID |
dc.subject | Film Antikorupsi | in_ID |
dc.subject | Hasil Belajar | in_ID |
dc.title | Pengembangan Model Pembelajaran Berkarakter Antikorupsi Berbantuan Film (Pankorfi) pada Mata Pelajaran PKn | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |