Penanaman Karakter Saft sebagai Upaya Menciptakan Calon Pendidik Berkarakter dalam Mata Kuliah Microteaching
Abstract
Pendidikan karakter dirasakan semakin mendesak untuk diimplementasikan di
Indonesia seiring dengan munculnya berbagai perilaku yang jauh dari nilai-nilai
kehidupan di Indonesia, seperti korupsi, pembunuhan, penipuan yang dilakukan sesama
dalam satu bangsa. Upaya dalam mencapai tujuan menjadi bangsa yang kuat dan
berkarakter, yaitu dengan menanamkan nilai-nilai karakter baik (good character)
kepada peserta didik. Selanjutnya, untuk dapat secara efektif menanamkan nilai
karakter kepada peserta didik, sebaiknya dilakukan penguazzcxxztan karakter
pendidiknya sehingga menjadi pendidik yang berkarakter. Pendidik yang berkarakter
dapat menentukan kualitas moral, akhlak, dan budi pekerti untuk mencapai tujuan
bersama membentuk bangsa yang berkarakter. Karakter SAFT merupakan salah satu
nilai karakter yang dapat ditanamkan kepada peserta didik karena karakter tersebut
diilhami dari empat sifat yang melekat pada Nabi dan Rasul. Karakter SAFT singkatan
dari shidiq, amanah, fathonah, dan tabligh. Karakter SAFT baik diterapkan kepada
mahasiswa dalam mata kuliah microteaching. Mata kuliah microteaching bertujuan
menyiapkan calon pendidik yang berkualitas. Karakter SAFT ditanamkan kepada
mahasiswa dengan mengintegrasikan nilai tersebut ke dalam kegiatan belajar yang
harus dilalui mahasiswa, seperti mampu berkerja secara tim, melakukan praktik
dengan persiapan yang matang, ketekunan dan kedisiplinan dalam menyusun perangkat
pembelajaran dan refleksi diri yang disusun secara rapid an jujur.