Show simple item record

dc.contributor.authorPratiwi, Dini Restiyanti
dc.date.accessioned2015-05-19T07:46:14Z
dc.date.available2015-05-19T07:46:14Z
dc.date.issued2015-05-09
dc.identifier.citationHidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Memebangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka. Kamisa. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika. Kartajaya, Hermawan. 2010. Grow with Character: The Model Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka. Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya. Undang-undang (UU) No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Aktualisasi Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar Menuju Peserta Didik yang Berkarakter ISBN: 978-in_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-1-2
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6016
dc.description.abstractPendidikan karakter dirasakan semakin mendesak untuk diimplementasikan di Indonesia seiring dengan munculnya berbagai perilaku yang jauh dari nilai-nilai kehidupan di Indonesia, seperti korupsi, pembunuhan, penipuan yang dilakukan sesama dalam satu bangsa. Upaya dalam mencapai tujuan menjadi bangsa yang kuat dan berkarakter, yaitu dengan menanamkan nilai-nilai karakter baik (good character) kepada peserta didik. Selanjutnya, untuk dapat secara efektif menanamkan nilai karakter kepada peserta didik, sebaiknya dilakukan penguazzcxxztan karakter pendidiknya sehingga menjadi pendidik yang berkarakter. Pendidik yang berkarakter dapat menentukan kualitas moral, akhlak, dan budi pekerti untuk mencapai tujuan bersama membentuk bangsa yang berkarakter. Karakter SAFT merupakan salah satu nilai karakter yang dapat ditanamkan kepada peserta didik karena karakter tersebut diilhami dari empat sifat yang melekat pada Nabi dan Rasul. Karakter SAFT singkatan dari shidiq, amanah, fathonah, dan tabligh. Karakter SAFT baik diterapkan kepada mahasiswa dalam mata kuliah microteaching. Mata kuliah microteaching bertujuan menyiapkan calon pendidik yang berkualitas. Karakter SAFT ditanamkan kepada mahasiswa dengan mengintegrasikan nilai tersebut ke dalam kegiatan belajar yang harus dilalui mahasiswa, seperti mampu berkerja secara tim, melakukan praktik dengan persiapan yang matang, ketekunan dan kedisiplinan dalam menyusun perangkat pembelajaran dan refleksi diri yang disusun secara rapid an jujur.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectPenanaman Karakterin_ID
dc.subjectKarakter SAFTin_ID
dc.titlePenanaman Karakter Saft sebagai Upaya Menciptakan Calon Pendidik Berkarakter dalam Mata Kuliah Microteachingin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record