Integrasi Nilai Karakter dalam Materi Pembelajaran PPKN di SMA
Abstract
Materi ajar merupakan salah satu cara bagi pengintegrasian nilai-nilai karakte
dalam suatu mata pelajaran. Diasumsikan bahwa jika sebuah materi ajar mampu
memuat dan mengorganisasi nilai-nilai karakter didalamnya secara baik, maka akan
memudahkan para guru mengembangkan karakter pada diri para peserta didik,
disamping guru itu sendiri mengembangkannya melalui proses pembelajaran yang
dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa analisis dokumen.
Dokumen yang dianalisis adalah buku ajar PPKn SMA berjudul “Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan SMA/MA, SMK/MAAK kelas X Semester 1” terbitan
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2014. Sumber data
menggunakan sampling, dengan teknik non random sampling dan purposive sampling.
Upaya mengintegrasikan pendidikan karakter pada uraian materi pembelajaran Buku
PPKn SMA X semester 1 Kurikulum 2013 dilakukan pada : 1) awal memulai
pembahasan materi pengetahuan, 2) setelah pembahasan materi pengetahuan, 3) pada
boks khusus pengembangan sikap, dan pada penilaian sikap. Karakter yang termuat
meliputi karakter : Penghormatan atas harkat martabat dan hak asasi orang lain,
Syukur kepada Tuhan, Kritis, Mandiri, Bekerjasama, Peduli Lingkungan, Semangat
Kebangsaan, Cinta tanah air, dan Peduli sosial.