dc.contributor.author | Winarno | |
dc.date.accessioned | 2015-06-01T04:21:02Z | |
dc.date.available | 2015-06-01T04:21:02Z | |
dc.date.issued | 2015-05 | |
dc.identifier.citation | Kemdikbud RI 2014. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA/MA, SMK/MAAK Kelas X Semester 1 . Jakarta: Kemdibud RI Doni Koesma A. Kucing hitam Pendidikan karakter dalam Kompas, 19 Juli 2010 Udin S Winataputra.2014. Diskursus Aktual Tentang Paradigma Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dalam Konteks Kurikulum 2013 dalam Jurnal PPKn, Vol 2 No 1, Januari 2014 Kemdikbud RI. 2013. Buku Panduan PPKn SMA. Jakarta: Kemdikbud Pusat Kurikulum, 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum, Kemdikbud RI Alberta School. 2005. The Head of Matter. Character and Citizenship Education in Alberta Schools. Canada: Minister of Education. Alberta Education, Sri Winarni. 2013. Integrrasi pendidikan Karakter dalam Perkuliahan dalam Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III, Nomor 1, Februari 2013 Permendikbud No 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas Margaret Stimman Branson.1998. The Role of Civic Education, A Forthcoming Education Policy Task Force Position. Paper from the Communitarian Network diakses di www.civiced.org | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-1-2 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6029 | |
dc.description.abstract | Materi ajar merupakan salah satu cara bagi pengintegrasian nilai-nilai karakte
dalam suatu mata pelajaran. Diasumsikan bahwa jika sebuah materi ajar mampu
memuat dan mengorganisasi nilai-nilai karakter didalamnya secara baik, maka akan
memudahkan para guru mengembangkan karakter pada diri para peserta didik,
disamping guru itu sendiri mengembangkannya melalui proses pembelajaran yang
dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa analisis dokumen.
Dokumen yang dianalisis adalah buku ajar PPKn SMA berjudul “Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan SMA/MA, SMK/MAAK kelas X Semester 1” terbitan
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2014. Sumber data
menggunakan sampling, dengan teknik non random sampling dan purposive sampling.
Upaya mengintegrasikan pendidikan karakter pada uraian materi pembelajaran Buku
PPKn SMA X semester 1 Kurikulum 2013 dilakukan pada : 1) awal memulai
pembahasan materi pengetahuan, 2) setelah pembahasan materi pengetahuan, 3) pada
boks khusus pengembangan sikap, dan pada penilaian sikap. Karakter yang termuat
meliputi karakter : Penghormatan atas harkat martabat dan hak asasi orang lain,
Syukur kepada Tuhan, Kritis, Mandiri, Bekerjasama, Peduli Lingkungan, Semangat
Kebangsaan, Cinta tanah air, dan Peduli sosial. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | Integrasi | in_ID |
dc.subject | nilai karakter | in_ID |
dc.subject | materi PPKn | in_ID |
dc.title | Integrasi Nilai Karakter dalam Materi Pembelajaran PPKN di SMA | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |