Show simple item record

dc.contributor.authorMarsudi, Saring
dc.contributor.authorNur’aini, Enggar
dc.date.accessioned2015-06-03T01:12:09Z
dc.date.available2015-06-03T01:12:09Z
dc.date.issued2015-05
dc.identifier.citationAgung, iskandar, Nadiroh, dan Rumtini. 2011. Pendidikan Membangun Karakter Bangsa. Jakarta: Bestari Buana Murni. Afandi,M.Zainul.2014.”Penanaman Karakter Semangat Kebangsaan Dan Cinta Tanah Air Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Hisbul Wathan di Sekolah Menengah Pertama(Studi Kasus SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014)”(Skripsi S-1).Surakarta:FKIP UMS. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Astutik,Endri Dwi. 2013.”Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Sosial Melalui Kegiatan Hisbul Wathan (HW)(Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013) (Skripsi S-1). Surakarta:FKIP UMS. Dharma, Kusuma.2011.Pendidikan Karakter.Bandung: Remaja Rosdakarya. Gunawan, Heri.2012.Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. Listyarti,Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif. Jakarta: Gapprint. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung:Alfabeta. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya.Sutopo, HB. 2006. Metodelogi Penelitian Kulitatif(Dasar Teori Dan Terapan Dalam Penelitian Edisi 2). Surakarta:Universitas Sebelas Maret. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Indonesiain_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-1-2
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/6034
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: 1) pengelolaan pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta, 2) petugas yang mengelola pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan, 3)tujuan kegiatan Hisbul Wathan, 4) bentuk-bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan karakter, 5) kandungan nilai karakter dari kegiatan Hisbul Wathan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian piskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang diperoleh dari sumber data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Pengelolaan pendidikan karakter melalui kegiatan Hisbul Wathan dapat menanamkan pendidikan karakter dan ada kurikulum yang mengaturnya. 2) Sebagai pengelola Hisbul Wathan adalah guru yang mendapatkan SK dari kepala sekolah. 3)Tujuan kegiatan Hisbul Wathan mendidik siswa agar memiliki karakter berbudi lihur, berjiwa nasionalisme dan melaksanakan islam yang sebenar-benarnya. 4) Bentuk-bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan karakter adalah peraturan baris berbaris, kemah, tali-temali, membuat yel-yel, kegiatan keagamaan, semaphore, dan permainan tepuk-tepuk. 5) Kandungan nilai karakter dari kegiatan Hisbul Wathan meliputi aspek religious, disiplin, erja keras, kreatif, tanggung jawab, mandiri, bersahabat, berani.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectPengelolaan Pendidikan Karakterin_ID
dc.subjectHisbul Wathanin_ID
dc.titlePengelolaan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Hisbul Wathan di SD Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record