Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik dan Validasinya
Abstract
Pada saat ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sedang gencar mempropagandakan pelaksanaan Kurikulum 2013 karena diharapkan pada tahun 2015 semua sekolah sudah menerapkan kurikulum baru tersebut. Salah satu aspek penting dari implementasi Kurikulum 2013 adalah diterapkannya penilaian otentik sebagai komplemen dari penilaian tradisional yang sarat dengan tes tertulis. Sekalipun Kemendikbud selama ini telah gencar melakukan sosialisasi tentang penilaian otentik melalui berbagai kegiatan, seperti seminar, lokakarya, pelatihan dan sebagainya, tetapi kenyataan di lapangan masih banyak guru yang masih merasa asing dengan penilaian otentik. Apabila keadaan tersebut tidak segera diatasi, tidak menutup kemungkinan bahwa pada tahun 2015 bangsa kita akan mengalami “kecelakaan kurikulum” yang sangat fatal. Hal demikian mengingat bahwa penilaian merupakan ujung dari proses pembelajaran. Tulisan ini akan memaparkan pengertian dan pentingnya penilaian otentik, macam-macam penilaiann otentik, langkah-langkah pengembangan instrument penilaian otentik dan validasi instrumen penilaian otentik.