dc.contributor.author | Hamdi, Syukrul | |
dc.date.accessioned | 2015-12-19T02:29:42Z | |
dc.date.available | 2015-12-19T02:29:42Z | |
dc.date.issued | 2014-05-24 | |
dc.identifier.citation | Allen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory. California: Brooks/Cole Publishing Company. Brennan, R.L. (2013). Commentary on “Validating the Interpretations and Uses of Test Scores” Journal of Educational Measurement Spring 2013, Vol. 50, No. 1, pp. 74–83 Djemari Mardhapi. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press Ebel, R. L., & Frisbie, D. A. (1986). Essential of educational measurement (ed). New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Kane, M.T. (2013). Validating the Interpretations and Uses of Test Scores. Journal of Educational Measurement Spring 2013, Vol. 50, No. 1, pp. 1–73 Negoro & Harahap. (2010). Ensiklopedia matematika. Bogor: Ghalia Indonesia Saifuddin Azwar. (2012). Reliabilitas dan validitas, edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. | in_ID |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/6407 | |
dc.description.abstract | Instrumen yang baik adalah instrumen yang valid dan reliabel. Selain valid dan reliabel, data yang diperoleh dari penggunaan sebuah instrumen diharapkan mendekati kenyataan. Pada umumnya, instrumen yang digunakan dalam sebuah penelitian sosial berupa instrumen sikap, minat, karakter, konsep diri dan lain sebagainya yang berbentuk bilangan bulat, misalnya instrumen yang menggunakan skala likert yang terdiri atas lima pilihan dengan skor tertinggi tiap butir adalah 5 dan skor terendah adalah 1. Dari sana bisa dilihat jika skala likert tidak menfasilitasi responden untuk menjawab pilihan antara 1 dan 2, 2 dan 3, 3 dan 4, 4 dan 5 yang sebenarnya lebih variatif dan mendekati kenyataan dalam memfasilitasi responden yang memiliki jawaban selain 5 pilihan pada skala likert. Dalam pembuktian validitas konstrak dengan analisis faktor, nilai pecahan 0,1 sangat berarti apalagi 0,9 sehingga dibutuhkan inovasi dari para ahli pengukuran untuk memanfaatkan IT yang terus mengalami perubahan dan penyempurnaan salah satunya melalui pengembangan instrumen dalam penelitian sosial dengan komputer dan memberikan pilihan menggunakan sistem slider sehingga hasil pengukurannya diharapkan lebih mendekati kenyataan. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.subject | instrumen | in_ID |
dc.subject | bilangan pecahan | in_ID |
dc.subject | validitas konstrak | in_ID |
dc.title | Memfungsikan Bilangan Pecahan dalam Validitas Konstrak | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |