Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model Games “Gedutan” dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X SMK – BM Se- Kota Medan
Abstract
Akuntansi sering dianggap sebagai sesuatu yang sulit, rumit dan membosankan
bagi siswa. Hal ini biasa terjadi pada siswa SMK kelas X yang baru mengenal
akuntansi. Anggapan negatif terhadap akuntansi salah satunya dipengaruhi oleh
penggunaan media yang tidak tepat dalam proses belajar mengajar. Tidak dapat
dipungkiri bahwa anggapan siswa ini akan mempengaruhi motivasi dalam
mempelajari akuntansi, di dalam maupun di luar waktu jam belajar-mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami persamaan
dasar akuntansi melalui pengembangan media pembelajaran games edukasi
akuntansi yang disingkat “gedutan” multimedia interaktif sebagai media
pembelajaran akuntansi untuk siswa SMK Bisnis dan Manajemen sebagai bahan
ajar yang mendukung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan
pengembangan (Research and Development) dalam pembelajaran akuntansi di
SMK Bisnis & Manajemen. Model pengembangan yang diterapkan terdiri atas: 1)
tahap analisis kebutuhan, 2) tahap perancangan desain, 3) tahap implentasi desain
4) Tahap pengujian dan 5) tahap produk akhir dan penyebaran. Hasil penelitian
ini membuktikan bahwa pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif
model games "Gedutan" untuk materi persamaan dasar akuntansi ditingkat siswa
SMK -BM kelas X sangat layak digunakan karena dapat melatih kemampuan
kognitif siswa secara interaktif untuk menguasai persamaan dasar akuntansi.