Proceedings: Recent submissions
Now showing items 1981-2000 of 7463
-
Faktor Pendorong Perkembangan Positif Anak: Studi Review tentang Permainan Tradisional
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Permasalahan anak di era kemudahan akses informasi beraneka ragam jenisnya. Permasalahan yang timbul dipicu oleh pola asuh dan lingkungan pergaulan yang salah. Perkembangan positif anak dapat didorong melalui kegiatan ... -
Model Pembelajaran Pencak Silat untuk Anak Sekolah Dasar
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Pencak silat adalah membela diri yang di dalamnya terdapat nilai menyerang dan bertahan. Menyerang dan bertahan menjadi sebuah hal yang harus dimiliki oleh atlet pencak silat, ini yang akan menentukan kualitas seorang ... -
Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Plyometric terhadap Peningkatan Power Otot Tungkai Pesilat Putri Tapak Suci Simo Boyolali Tahun 2018
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Berdasarkan masalah yang telah di rumuskan di dalam penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui perbrdaan pengaruh latihan hardle Hoping dan Depth jump terhadap power otot tungkai pada pesilat remaja putri perguruan ... -
Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri Blangu 3, Kecamatan ... -
Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Memukul Permainan Bola Kasti dengan Penggunaan Alat Bantu
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak memukul permainan bola kasti melalui alat bantu pembelajaran pada peserta didik kelas V SD N Mangkubumen Kulon No. 83 Kota Surakarta Tahun Pelajaran ... -
Model Pembelajaran Hybrid Learning pada Mata Kuliah Sepakbola di Pendidikan Olahraga FKIP UMS
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)1). Model pembelajaran hibrid learning adalah proses pembelajaran yang merupakan irisan tatap muka dan model pembelajaran online. 2). Peningkatan hasil belajar dan penguasaan keterampilan pada mata kuliah sepakbola di ... -
STRATEGI KONSERVASI SUMBERDAYA GENETIK JENIS TANAMAN POTENSIAL MENDUKUNG RESTORASI GAMBUT
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Degradasi hutan rawa gambut (peatland) terutama di Pulau Sumatera dan Kalimantan terus meningkat sejak banyak terjadinya penebangan liar, kebakaran hutan dan konversi gambut untuk keperluan pertanian dan industri. Salah ... -
ESTIMASI PEROLEHAN GENETIK BERDASARKAN UJI 31 KLON JATI (TECTONA GRANDIS L.F) DI GUNUNG KIDUL
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Pengamatan parameter genetik pertumbuhan dilakukan melalui evaluasi periodik untuk mengetahui variasi genetik karakter pertumbuhan 31 klon dari 9 populasi umur 5 tahun. Hasil evaluasi terhadap persen jadi klon cukup ... -
ANALISIS “DIAGRAM TULANG IKAN” UNTUK PENINGKATAN KEBERHASILAN PERBANYAKAN VEGETATIF MAKRO SURIAN PUTIH (Toona sureni Merr)
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Penelitian ini mengkaji beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan perbanyakan vegetatif makro surian putih (Toona sureni Merr) untuk mengoptimalkan keberhasilan penyiapan bibit untuk penanaman. Metode analisis menggunakan ... -
PENGEMBANGAN MODEL SEKOLAH PREMIUM MUHAMMADIYAH (SPM) DI KOTA YOGYAKARTA
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Model-model sekolah yang banyak berkembang saat ini merupakan ciri khas sebagai keunggulan suatu sekolah. Penelitian merupakan penelitian tahun pertama pengembangan model sekolah Muhammadiyah yang bertujuan untuk: 1) ... -
EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DAN GL (GENERATIF LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH KOMPUTER ANALISIS DATA
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh model GL (Generatif Learning) dan model PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar; (2) pengaruh model GL (Generatif Learning) dan model PBL (Problem Based ... -
KUALITAS LABORATORIUM SEBAGAI PENUNJANG MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Pembelajaran Biologi seharusnya dilaksanakan dengan memperhatikan aspek hands on (keterampilan), minds on (pengetahuan), dan hearts on (sikap). Salah satu metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran Biologi ... -
ANALISIS PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA DI KABUPATEN JEPARA
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Penerapan Kurikulum 2013 menuntut guru sebagai fasilitator untuk melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pendekatan saintifik. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan belum bisa sepenuhnya dilaksanakan. ... -
DESKRIPSI LABORATORIUM DAN PETUNJUK PRAKTIKUM BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Praktikum merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembelajaran Biologi. Keberhasilan praktikum ditentukan salah satunya oleh kualitas laboratorium dan petunjuk praktikum yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk ... -
HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN LKS MATERI PEWARISAN SIFAT PADA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 3 CEPOGO SATU ATAP TAHUN PELAJARAN 2017-2018
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar IPA menggunakan LKS materi pewarisan sifat pada siswa IX di SMP Negeri 3 Cepogo Satu atap tahun pelajaran 2017-2018. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Cepogo Satu Atap ... -
KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPK) GURU IPA DI SEKOLAH INKLUSI SMP NEGERI 23 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2017 – 2018
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi menuntut guru tidak hanya dapat menguasai bagaimana cara membelajarkan peserta didik dan menguasai materi pembelajaran, namun guru juga harus menguasai teknologi ... -
FENOMENA LOKAL “MATA BIRU” DI PULAU SIOMPU SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pewarisan sifat gen mata biru di Pulau Siompu. Penelitian ini termasuk penelitian studi kasus tentang pewarisan gen mata biru di Desa Kumbewaha Pulau Siompu Kabupaten ... -
METODE MENANAMKAN NILAI RELIGIUS DALAM RENCANA PEMBELAJARAN BIOLOGI
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Pembelajaran diharapkan dapat mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, ... -
PENGEMBANGAN BOOKLET BERDASARKAN KAJIAN POTENSI DAN MASALAH LOKAL SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR SMK PERTANIAN
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Keong mas (Pomacea canaliculata) hama padi yang banyak ditemukan di Mijen, Kota Semarang, diolah menjadi pupuk organik cair asam amino (pocamino) karena memiliki kandungan protein tinggi dan lemak yang rendah. Hal tersebut ... -
MENGOPTIMALKAN RESPON SISWA DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DENGAN PENDEKATAN JAS (JELAJAH ALAM SEKITAR) PADA PEMBELAJARAN PLANTAE
(Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek Ke-3, 2018)Salah satu cara untuk menerapkan pendidikan yang berkarakter adalah melalui integrasi pada sistem pembelajaran. Salah satunya dengan pendekatan JAS. Pendekatan JAS untuk mengoptimalkan respon siswa dan sikap peduli ...