Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dalam Melatihkan Keterampilan Pedagogik Calon Guru SD Pada Matakuliah Pengembangan Pembelajaran IPA SD
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan Pembelajaran berbasis Lesson
Study dalam melatihkan keterampilan pedagogik calon guru SD pada matakuliah
Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif
deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapang,
wawancara dan dokumentasi, subyek penelitian yaitu mahasiswa kelas D 2014. Teknik
analisis data menggunakan miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pelaksanaan pembelajaran berbasis lesson study terdiri dari tiga langkah yaitu plan (plan, do
dan see), selama pelaksanaan pembelajaran berbasis lesson study mahasiswa telah mampu
mengembangkan keterampilan pedagogik guru yang terdiri dari pemahaman terhadap
peserta didik sebesar 78%; pengembangan kurikulum atau peracnangan pembelajaran
sebesar 83%, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik 80,63%, Pembelajaran yang dialogis
81,25%; melaksanakan evaluasi hasil belajar sebesar 76,88%; dan pengembangan peserta
didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya sebesar 78,125%.