Show simple item record

dc.contributor.authorKumala, Farida Nur
dc.date.accessioned2017-07-31T00:13:53Z
dc.date.available2017-07-31T00:13:53Z
dc.date.issued2017-05-13
dc.identifier.citationDirektorat Tenaga Kependidikan Depdiknas. (2004). Standar Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas Herawati, dkk. (2011). Lesson Study Berbasis Sekolah. Guru Konservatif menuju Guru Inovatif. Malang: Bayumedia Publishing. Hollingsworth, H dan Oliver. D. (2005). Lesson Study: A Professional Learning Model That Actually Makes A Difference. MAV Annual Conference 2005 Irwantoro, N dan Suryana, F. (2016). Kompetensi Pedagogik Untuk Peningktan Dan Penilaian Kinerja Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional. Sidoarjo: Gentagroup. Lenski, S. J., & Caskey, M. M. (2009). Using the Lesson Study Approach to Plan for Student Learning. Middle School Journal, 40(3), 5057 Lewis, Jennifer M.; Fischman, Davida; Riggs, Iris; and Wasserman, Kelli (2013).Teacher Learning in Lesson Study, The Mathematics Enthusiast: Vol. 10: No. 3, Article 5. Majid, Abdul. (2005). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru Pidarta, Made. (2009). Landasan Pendidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Soetjipto dan Kosasi. (2011). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta. Wahyudi, Imam. (2012). Mengejar Profesionalsime Guru. Strategi Praktis Mewujudkan Citra Guru Profesional. Jakarta: Prestasi Pustaka.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-2-9
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9067
dc.description.abstractTujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan Pembelajaran berbasis Lesson Study dalam melatihkan keterampilan pedagogik calon guru SD pada matakuliah Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapang, wawancara dan dokumentasi, subyek penelitian yaitu mahasiswa kelas D 2014. Teknik analisis data menggunakan miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis lesson study terdiri dari tiga langkah yaitu plan (plan, do dan see), selama pelaksanaan pembelajaran berbasis lesson study mahasiswa telah mampu mengembangkan keterampilan pedagogik guru yang terdiri dari pemahaman terhadap peserta didik sebesar 78%; pengembangan kurikulum atau peracnangan pembelajaran sebesar 83%, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik 80,63%, Pembelajaran yang dialogis 81,25%; melaksanakan evaluasi hasil belajar sebesar 76,88%; dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya sebesar 78,125%.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMSin_ID
dc.subjectLesson Studyin_ID
dc.subjectKeterampilan pedagogikin_ID
dc.subjectPengembangan Pembelajaran IPA SDin_ID
dc.titleAnalisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dalam Melatihkan Keterampilan Pedagogik Calon Guru SD Pada Matakuliah Pengembangan Pembelajaran IPA SDin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record