dc.contributor.author | Kumala, Farida Nur | |
dc.date.accessioned | 2017-07-31T00:13:53Z | |
dc.date.available | 2017-07-31T00:13:53Z | |
dc.date.issued | 2017-05-13 | |
dc.identifier.citation | Direktorat Tenaga Kependidikan Depdiknas. (2004). Standar Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas Herawati, dkk. (2011). Lesson Study Berbasis Sekolah. Guru Konservatif menuju Guru Inovatif. Malang: Bayumedia Publishing. Hollingsworth, H dan Oliver. D. (2005). Lesson Study: A Professional Learning Model That Actually Makes A Difference. MAV Annual Conference 2005 Irwantoro, N dan Suryana, F. (2016). Kompetensi Pedagogik Untuk Peningktan Dan Penilaian Kinerja Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional. Sidoarjo: Gentagroup. Lenski, S. J., & Caskey, M. M. (2009). Using the Lesson Study Approach to Plan for Student Learning. Middle School Journal, 40(3), 5057 Lewis, Jennifer M.; Fischman, Davida; Riggs, Iris; and Wasserman, Kelli (2013).Teacher Learning in Lesson Study, The Mathematics Enthusiast: Vol. 10: No. 3, Article 5. Majid, Abdul. (2005). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru Pidarta, Made. (2009). Landasan Pendidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Soetjipto dan Kosasi. (2011). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta. Wahyudi, Imam. (2012). Mengejar Profesionalsime Guru. Strategi Praktis Mewujudkan Citra Guru Profesional. Jakarta: Prestasi Pustaka. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-2-9 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9067 | |
dc.description.abstract | Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan Pembelajaran berbasis Lesson
Study dalam melatihkan keterampilan pedagogik calon guru SD pada matakuliah
Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif
deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapang,
wawancara dan dokumentasi, subyek penelitian yaitu mahasiswa kelas D 2014. Teknik
analisis data menggunakan miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pelaksanaan pembelajaran berbasis lesson study terdiri dari tiga langkah yaitu plan (plan, do
dan see), selama pelaksanaan pembelajaran berbasis lesson study mahasiswa telah mampu
mengembangkan keterampilan pedagogik guru yang terdiri dari pemahaman terhadap
peserta didik sebesar 78%; pengembangan kurikulum atau peracnangan pembelajaran
sebesar 83%, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik 80,63%, Pembelajaran yang dialogis
81,25%; melaksanakan evaluasi hasil belajar sebesar 76,88%; dan pengembangan peserta
didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya sebesar 78,125%. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS | in_ID |
dc.subject | Lesson Study | in_ID |
dc.subject | Keterampilan pedagogik | in_ID |
dc.subject | Pengembangan Pembelajaran IPA SD | in_ID |
dc.title | Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dalam Melatihkan Keterampilan Pedagogik Calon Guru SD Pada Matakuliah Pengembangan Pembelajaran IPA SD | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |