Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Dasar
View/ Open
Date
2017-05-13Author
Khulafa, Faris Nur
Umami, Fahry Zatul
Putri, Ratna Hapsari
Metadata
Show full item recordAbstract
Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA mulai berlaku pada 1 Januari 2016. Salah satu
komponen penting bagi Indonesia untuk menghadapi MEA adalah jumlah wirausahawan
dalam negeri, karena wirausahawan memiliki peranan besar dalam mendukung
perekonomian. Namun, sangat disayangkan, jumlah wirausahan di Indonesia hanya 1,56%,
padahal idealnya adalah 2%. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis mengembangkan
solusi berupa intergrasi pendidikan kewirausahaan di SD dalam bentuk muatan lokal.
Pendidikan kewirausahaan penting untuk diberikan mengingat pembentukan karakter
kewirausahaan perlu dibina semenjak usia dini, agar kedepannya banyak bermunculan
wirausahawan Indonesia. Dalam mengembangkannya, penulis berlandaskan teori kognitif
Piaget, dimana anak SD mengalami fase operasional kongkret, sehingga pengembangan
pendidikan kewirausahaan dikemas dengan kegiatan yang nyata dan kongkret. Dengan
adanya penulisan karya ini diharapkan mampu menjadi refrensi metode pendidikan
kewirausahaan yang ada di SD dan berimplikasi pada meningkatnya jumlah wirausaha yang
ada di Indonesia.