Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013
Abstract
Artikel ini membahas tentang kesiapan mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam
mengimplementasikan kurikulum 2013. Kesiapan ini dilihat dari 5 dimensi, yaitu (1) tingkat
kepribadian dan sosial mahasiswa calon guru, (2) tingkat pemahaman mahasiswa calon guru
terhadap kurikulum 2013, (3) tingkat kemampuan mahasiswa calon guru dalam merencanakan
pembelajaran, (4) tingkat kemampuan mahasiswa calon guru dalam melaksanakan pembelajaran, dan
(5) tingkat kemampuan mahasiswa calon guru dalam menilai pembelajaran berdasarkan kurikulum
2013. Data kesiapan mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan kurikulum
2013 diperoleh melalui hasil program pengalaman lapangan pada bulan September dan Oktober
2016 di SD-SD PPL mahasiswa program PGSD FKIP UNS Kampus VI Kebumen. Sebagai observer
dan penilai adalah guru-guru pamong dan dosen pembimbing lapangan. Alat pengambilan data
berupa angket dan lembar penilaian. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif
deskriptif yang berupa rerata dan persentase. Kesiapan mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam
melaksanakan kurikulum 2013 secara kumulatif adalah baik dengan capaian angka persentase
sebesar 76,95%.