dc.contributor.author | Chamdani, Muhamad | |
dc.date.accessioned | 2017-07-31T07:44:51Z | |
dc.date.available | 2017-07-31T07:44:51Z | |
dc.date.issued | 2017-05-13 | |
dc.identifier.citation | Alawiyah, E. (2014). Kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013. Jurnal Info Singkat Kesejahteraan Sosial DPR RI Vol. VI. No. 15/P3DI/Agustus/2014. Haryati. (2014). Pentingnya pemahaman implementasi kurikulum 2013. Diambil pada tanggal 10 April 2017, dari http://ayankharyati.blogspot.com/2017 /03/pentingnya-pemahamanimplementasi.html. Hidayatullah, Furqon. (2009). Guru sejati membangun insan berkarakter kuat dan cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Materi pelatihan guru pendamping implementasi kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pedoman pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PKG). Jakarta : Ditjen PMPTK. Lampost.co. (2013). Sukses tidaknya kurikulum 2013 ada pada kompetensi guru. Diambil pada tanggal 10 April 2017, dari http://lampost.co/berita/suksestidaknya-kurikulum-2013-ada-padakompetensi-guru. Martadi. (2010). Pendidikan guru di Indonesia ke depan. Majalah UNESA Nomor 39 Tahun XI Maret-April 2010. Mulyasa, E. (2008). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: Remaja RosdaKarya. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Sanjaya, Wina. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana. Suyanto & Jihad, Asep. (2013). Menjadi guru profesional : strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Jakarta: Esensi, Erlangga Group. Zuldafrial & Lahir, M. (2014). Profesi kependidikan guru dalam prespektif undang-undang nomor 14 tahun 2005. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-70471-2-9 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/9118 | |
dc.description.abstract | Artikel ini membahas tentang kesiapan mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam
mengimplementasikan kurikulum 2013. Kesiapan ini dilihat dari 5 dimensi, yaitu (1) tingkat
kepribadian dan sosial mahasiswa calon guru, (2) tingkat pemahaman mahasiswa calon guru
terhadap kurikulum 2013, (3) tingkat kemampuan mahasiswa calon guru dalam merencanakan
pembelajaran, (4) tingkat kemampuan mahasiswa calon guru dalam melaksanakan pembelajaran, dan
(5) tingkat kemampuan mahasiswa calon guru dalam menilai pembelajaran berdasarkan kurikulum
2013. Data kesiapan mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan kurikulum
2013 diperoleh melalui hasil program pengalaman lapangan pada bulan September dan Oktober
2016 di SD-SD PPL mahasiswa program PGSD FKIP UNS Kampus VI Kebumen. Sebagai observer
dan penilai adalah guru-guru pamong dan dosen pembimbing lapangan. Alat pengambilan data
berupa angket dan lembar penilaian. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif
deskriptif yang berupa rerata dan persentase. Kesiapan mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam
melaksanakan kurikulum 2013 secara kumulatif adalah baik dengan capaian angka persentase
sebesar 76,95%. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS | in_ID |
dc.subject | kesiapan calon guru SD | in_ID |
dc.subject | kurikulum 2013 | in_ID |
dc.title | Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |