Pemberdayaan Guru Bersertifikasi di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta
View/ Open
Date
2017-05-13Author
Rahmawati, Fitri Puji
Agustin, Afifah Marla
Rohmah, Aisyah Wardatur
Meita, Yan Citra
Metadata
Show full item recordAbstract
Sertifikasi guru merupakan salah satu usaha penerintah Indonesia untuk meningkatkan
profesionalitas dan kesejahteraan tenaga pendidik. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan
kegiatan pemberdayaan guru bersertifikasi, dampak-dampak yang ditimbulkan dari kegiatan
pemberdayaan tersebut, dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pemberdayaan guru
bersertifikasi di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta. Metode penelitian yang digunakan
berjenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan studi kasus sebagai desainnya. Teknik pengumpulan
data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan interaktif. Validasi
data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa bentuk kegiatan
untuk pemberdayaan guru bersertifikasi di SD Muhammadiyah 16 Karangasem dilakukan dengan
menambah jam mengajar guru, memberi tanggung jawab sebagai guru ekstrakurikuler, memberikan
pelatihan IT, mengikutsertakan guru dalam kegiatan tahsin. Dampak yang terjadi yakni guru
meningkat kemampuan profesionalitasnya dari standar minimum yang telah ditetapkan. Kendala
kepala sekolah terkait kegiatan pemberdayaan guru bersertifikasi ini ialah terkait keaktifan dan
keikutsertaan guru dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan sarana prasarana sekolah yang
kurang mendukung untuk mengembangkan kemampuan profesionalitas guru bersertifikasi.