Show simple item record

dc.contributor.authorRahmawati, Fitri Puji
dc.contributor.authorAgustin, Afifah Marla
dc.contributor.authorRohmah, Aisyah Wardatur
dc.contributor.authorMeita, Yan Citra
dc.date.accessioned2017-07-31T07:50:45Z
dc.date.available2017-07-31T07:50:45Z
dc.date.issued2017-05-13
dc.identifier.citationBoedhowi. 2009. Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pelaksana. Jakarta. Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung : Alfabeta Hamzah B. Uno. 2008. Profesi Kependidikan. Jakarta: Sinar Grafika Offset Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja R0sdakarya. Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menentukan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sanaky, Hujair AH. 2005. Sertifikasi dan Profesionalisme Guru di Era Reformasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam. Sudrajat, Akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Metode. Teknik, dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Sufyarma. 2003. Restrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi untuk Menghadapi Dinamika Perubahan Lingkungan. Bandung: Masdar Maju. Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Suparno, Paul. 2008. Action Research Riset Tindakan untuk Pendidik. Jakarta: Grasindo Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-70471-2-9
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/9120
dc.description.abstractSertifikasi guru merupakan salah satu usaha penerintah Indonesia untuk meningkatkan profesionalitas dan kesejahteraan tenaga pendidik. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan kegiatan pemberdayaan guru bersertifikasi, dampak-dampak yang ditimbulkan dari kegiatan pemberdayaan tersebut, dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pemberdayaan guru bersertifikasi di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta. Metode penelitian yang digunakan berjenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan studi kasus sebagai desainnya. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan interaktif. Validasi data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa bentuk kegiatan untuk pemberdayaan guru bersertifikasi di SD Muhammadiyah 16 Karangasem dilakukan dengan menambah jam mengajar guru, memberi tanggung jawab sebagai guru ekstrakurikuler, memberikan pelatihan IT, mengikutsertakan guru dalam kegiatan tahsin. Dampak yang terjadi yakni guru meningkat kemampuan profesionalitasnya dari standar minimum yang telah ditetapkan. Kendala kepala sekolah terkait kegiatan pemberdayaan guru bersertifikasi ini ialah terkait keaktifan dan keikutsertaan guru dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan sarana prasarana sekolah yang kurang mendukung untuk mengembangkan kemampuan profesionalitas guru bersertifikasi.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMSin_ID
dc.subjectpemberdayaanin_ID
dc.subjectguruin_ID
dc.subjectsertifikasiin_ID
dc.titlePemberdayaan Guru Bersertifikasi di SD Muhammadiyah 16 Karangasem Surakartain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record