Kontribusi Keaktifan Siswa, Fasilitas Belajar, dan Pergaulan di Sekolah terhadap Motivasi Belajar Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Abstract
Tujuan penelitian, menguji kontribusi keaktifan siswa, fasilitas belajar, dan pergaulan disekolah terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui motivasi belajar. Jenis penelitian ini berdasarkan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian sebanyak 202 siswa yaitu kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Sampel penelitian 134 siswa ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ada analisis regresi linier berganda tiga prediktor dengan uji asumsi uji T, uji F, dan uji R2. Hasil dari penelitian ini ada kontribusi keaktifan siswa, fasilitas belajar, dan pergaulan disekolah berkontribusi secara simultan terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi belajar dengan α = 0,05. Secara parsial, kontribusi keaktifan siswa berkontribusi secara langsung terhadap hasil belajar matematika. Fasilitas belajar berkontribusi secara langsung terhadap hasil belajar matematika. Pergaulan di sekolah berkontribusi secara langsung terhadap hasil belajar matematika dan secara tidak langsung berkontribusi positif melalui motivasi belajar. Besarnya sumbangan efektif secara simultan sebesar 77,6%.
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Delanggu
Prastyaningrum, Wiwien (Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk menguji, (1) kontribusi minat belajar, motivasi belajar, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) kontribusi ... -
Kontribusi Keaktifan Siswa, Fasilitas Belajar, dan Pergaulan di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Hidayat, Burhan Taufiq; Sutama, S (Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018, 2018-03)Tujuan penelitian, menguji kontribusi keaktifan siswa, fasilitas belajar, dan pergaulan disekolah terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui motivasi belajar. Jenis penelitian ini berdasarkan pendekatan ... -
Sikap Disiplin Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Apriliani, Eka; Ariyanto, A (Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui motivasi berprestasi siswa, (2) menguji kontribusi sikap ...