Sikap Disiplin Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Abstract
Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui motivasi berprestasi siswa, (2) menguji kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, dan lingkungan belajar terhadap motivasi berprestasi siswa, dan (3) menguji kontribusi motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian berdasarkan pendekatannya kuantitatif. Populasi penelitian 259 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Surakarta. Sampel penelitian 157 siswa ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian, (1) ada kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, lingkungan belajar dan signifikan terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui motivasi berprestasi siswa dengan kontribusi sebesar 6,5%, (2) Ada kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, lingkungan belajar dan signifikan terhadap motivasi berprestasi, dengan kontribusi sebesar 7,3%, (3) tidak ada kontribusi motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika.
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Delanggu
Prastyaningrum, Wiwien (Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk menguji, (1) kontribusi minat belajar, motivasi belajar, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) kontribusi ... -
Kontribusi Keaktifan Siswa, Fasilitas Belajar, dan Pergaulan di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Hidayat, Burhan Taufiq; Sutama, S (Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018, 2018-03)Tujuan penelitian, menguji kontribusi keaktifan siswa, fasilitas belajar, dan pergaulan disekolah terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui motivasi belajar. Jenis penelitian ini berdasarkan pendekatan ... -
Kontribusi Keaktifan Siswa, Fasilitas Belajar, dan Pergaulan di Sekolah terhadap Motivasi Belajar Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Hidayat, Burhan Taufiq; Sutama, S (Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Tujuan penelitian, menguji kontribusi keaktifan siswa, fasilitas belajar, dan pergaulan disekolah terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui motivasi belajar. Jenis penelitian ini berdasarkan pendekatan ...