Show simple item record

dc.contributor.authorApriliani, Eka
dc.contributor.authorAriyanto, A
dc.date.accessioned2018-07-10T06:43:53Z
dc.date.available2018-07-10T06:43:53Z
dc.date.issued2018-05
dc.identifier.citation[1] Akomolafe, Comfort Olufunke. dan Veronica Olubunmi Adesua. 2016. “The Impact of Physical Fasilities on Student’s Level of Motivation and Academic Performance in Senior Secondary School in South West Nigeria.” Journal of Education and Practice 7(4): 38-42. [2] Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. [3] Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa,. Surakarta: Yuma Pustaka. [4] Rahman, M Fathur. 2015. “Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Fasilitas Belajar di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran.” Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis 1(1): 1-7. [5] Rao, Jogeswara dan Viswanatha Reddy. 2016. “Impact of School Environment, Home Environment and Mental Health Status on Achiement Motivation Among High School Students.” Indian International Journal of Research 5(4): 426-429. [6] Riduwan dan Engkos Ahmad Kuncoro. 2013. Cara Mudah Menggunakan dan Memahami Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta. [7] S, Supardi U. 2014. Peran Kedisiplinan Belajar dan Kecerdasan Matematika Logis dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Formatif, 4(2): 80-88. [8] Shamaki, Timothy Ado. 2015. “Influence of Learning Environment On Students’ Academic Achievement In Mathematics: A Case Study Of Some Selected Secondary Schools In Yobe State – Nigeria.” Journal of Education and Practic 6(34): 40-44. [9] Sholekhah, Ika Maratus dan Syamsu Hadi. 2014. “Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Melalui Motivasi Belajar SMP Negeri 1 Ambarawa (Studi Kelas VII Tahun Ajaran 2013/2014).” Economic Education Analysis Journal 3(2): 372-378. [10] Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. [11] Taurina, Zane. 2015. “Students’ Motivation and Learning Outcomes: Significant Factors In Internal Study Quality Assurance System.” International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education 5(4): 2625-2630. [12] Widyaningtyas, Anisa., Sukarmin dan Yohanes Radiyono. 2013. “Peran Lingkungan Belajar dan Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Sekolah Menenengah Atas Negeri 1 Pati”. Jurnal Pendidikan Fisika 1(1): 136-142. [13] Zulfia, Risda. dan Efrizal Syofyan. 2015. “Pengaruh Fasilitas Belajar di Rumah, Minat Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Komputer Akutansi di SMK Kabupaten Agam”. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi 2(1): 1-10.id_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/10103
dc.description.abstractTujuan penelitian, (1) menguji kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui motivasi berprestasi siswa, (2) menguji kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, dan lingkungan belajar terhadap motivasi berprestasi siswa, dan (3) menguji kontribusi motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian berdasarkan pendekatannya kuantitatif. Populasi penelitian 259 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Surakarta. Sampel penelitian 157 siswa ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian, (1) ada kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, lingkungan belajar dan signifikan terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui motivasi berprestasi siswa dengan kontribusi sebesar 6,5%, (2) Ada kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, lingkungan belajar dan signifikan terhadap motivasi berprestasi, dengan kontribusi sebesar 7,3%, (3) tidak ada kontribusi motivasi berprestasi terhadap hasil belajar matematika.id_ID
dc.language.isootherid_ID
dc.publisherProsiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018id_ID
dc.subjectfasilitas belajarid_ID
dc.subjecthasil belajar matematikaid_ID
dc.subjectlingkungan belajarid_ID
dc.subjectmotivasi berprestasiid_ID
dc.subjectsikap disiplinid_ID
dc.titleSikap Disiplin Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMPid_ID
dc.typeArticleid_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record