Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya: Recent submissions
Now showing items 81-100 of 548
-
Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dan Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang paling efektif dari kedua model Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think Pair Share(TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah ... -
Peningkatan Komunikasi Matematik Siswa melalui Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi matematik siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Metakognitif yang dilakukan pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Penelitian ini ... -
Arpanggalawar (Akar Pangkat Tiga Kelelawar) sebagai Alat Peraga Inovatif dalam Pembelajaran Matematika di SD
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Perkembangan kognitif anak usia SD (7-11 tahun) menurut Piaget masuk ke dalam tahap operasional konkrit, dimana anak belajar secara efektif dengan memanipulasi benda konkrit. Bruner juga mengungkapkan bahwa dalam proses ... -
The Model of Problem Solving in Mathematics Learning in Indonesia
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Most in learning mathematics in Indonesia, students are familiarized with the writedown is known, asked, and the answer to resolving the issue. Conditioning is different from the theories of problem-solving, such as Polya ... -
Hubungan Tingkat Toleransi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMA Negeri 50 Jakarta
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara tingkat toleransi siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 50 Jakarta dengan populasi yaitu kelas ... -
Analisis Kemampuan Matematika Siswa SMP di Kefamenanu dalam Menyelesaikan Soal Pisa
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)PISA merupakan suatu program yang diprogramkan oleh OECD (organization for Economic Co-operation and Development) untuk mengevaluasi kemampuan dan pengetahuan yang dirancang untuk siswa sekolah berusia 15 tahun di seluruh ... -
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Taruna melalui Media berbasis "Whiteboard Animation" Bidang Navigasi Pelayaran
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui klasifikasi penampilan dosen dalam kegiatan belajar mengajar untuk mendukung peningkatan motivasi dan hasil belajar taruna melalui media berbasis whiteboard animation, (2) ... -
Critical Thinking Processes of High School Students in Solving Direct and Inverse Proportions
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Critical thinking skills which are learned by students in mathematics instruction will help students solving problems they encountered in daily life. Direct and inverse proportion is a topic in mathematics which provides ... -
Diagnosis Kesalahan Mahasiswa pada Pokok Bahasan Geometri dengan Scaffolding di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Banyak mahasiswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah Geometri. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya mahasiswa melakukan kesalahan ketika menyelesaikan masalah Geometri. Kesalahan ini harus segera diatasi, agar tidak ... -
Peningkatan Kemampuan Kerjasama Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Siswa SMK
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerja sama belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Asissted Individualization (TAI) yang dapat membanngun kebiasaan saling ... -
Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Gaya Belajar
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan perbedaan setiap siswa dalam proses penerimaan informasi pelajaran yaitu gaya belajar. Fokus pada penelitian ini adalah menganalisis proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal ... -
Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Matematika, Kreativitas, dan Kejujuran Siswa
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping dengan evaluasi pertanyaan terbuka terhadap hasil belajar matematika, kreativitas dan kejujuran siswa. Subyek dari penelitian ini adalah siswa SMP ... -
Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Siswa SMK
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) kelas XI Akuntansi A di SMK Muhammadiyah 1 Turi. Penelitian ini merupakan ... -
Pembelajaran Quantum Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VIII SMP di kabupaten Sragen. Penelitian ini merupakan ... -
Level Literasi Matematika Siswa SMA Unggulan Berdasarkan Tes Pisa yang Disesuaikan
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)PISA merupakan suatu survei internasional yang bertujuan untuk mengevaluasi sistem pendidikan dengan menguji literasi siswa yang berusia 15 tahun pada bidang matematika, sains, dan membaca. Hasil literaasi matematika PISA ... -
Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS)
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan besar presentase kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar tipe HOTS pada aspek menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta, serta menganalisis faktor ... -
Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMK dengan Metode Student Team Achievement Division (STAD)
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas X TKR 2 SMK Muhammadiyah 2 Sleman semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan ... -
Perilaku Belajar Matematika Kelas Program Khusus (PK) di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku belajar matematika kelas Program Khusus (PK) di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Nara ... -
Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Materi Bidang Datar berdasarkan Teori Van Hiele
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan siswa pada tahap visualisasi, analisis, dan deduksi informal dalam menyelesaikan soal materi bidang datar berdasarkan teori Van Hiele pada siswa kelas VIII SMP Negeri ... -
Analisis Kompetensi Pemodelan Matematika Siswa SMP pada Kategori Kemampuan Matematika Berbeda
(Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Setiap orang memiliki kemampuan kognitif yang berbeda-beda. Kemampuan siswa dalam memodelkan matematika juga berbeda-beda sehingga ada berbagai macam kompetensi siswa dalam memodelkan matematika. Kompetensi pemodelan adalah ...