Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika: Recent submissions
Now showing items 21-40 of 125
-
Implementasi Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis Peta Konsep Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII SMP
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Tujuan penelitian ini untuk menguji (1) pengaruh strategi pembelajaran Think Pair Share berbasis peta konsep terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis terhadap hasil belajar ... -
Penerapan Uji Chi Square Mantel Haenszel pada Pengaruh Pengguna Kontrasepsi Oral terhadap Infark Miokard
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Infark Miokard atau serangan jantung merupakan penyebab kematian utama di Amerika Serikat menurut data Heart Foundation. Serangan jantung, terjadi ketika jantung kehilangan oksigen karena penyumbatan pada salah satu ... -
Penerapan Data Mining pada Data Nilai Siswa dengan Menggunakan Algoritma Asosiation Rule Metode Apriori (Studi Kasus di SMP N 36 Semarang)
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Penggunaan informasi di SMP N 36 Semarang semakin maju dan diikuti dengan banyaknya guru yang menguasai tekhnik informasi untuk mendukung kualitas mereka masing-masing. Oleh sebab itu banyak data yang akan disimpan tanpa ... -
Peningkatan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Reciprocal Teaching pada Kelas VII SMP
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan reciprocal teaching. Penelitian ini menggunakan penelitian ... -
Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Soal Matematika pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kemampuan Matematika SMP
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah soal matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari kemampuan matematika. Berdasarkan indikator ... -
Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning berbasis Mind Mapping Ditinjau Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji (1) pengaruh Problem Based Learning berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa, (2) pengaruh kemampuan berfikir kreatif matematis terhadap hasil belajar ... -
Kajian Operator Dissipative pada Domain Dense
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Dalam artikel ini dikaji suatu jenis operator linier yang memiliki sifat khusus yakni bagian riil dari hasil kali dalam harus bernilai negatif atau nol. Operator yang memenuhi sifat ini selanjutnya disebut operator ... -
Kata Pengantar & Daftar Isi
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05) -
Proses Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit dalam Memecahkan Masalah Pythagoras Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau dari Tipe Intelegensi Siswa
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 2Sawit dalam memecahkan masalah pythagoras berdasarkan tahapan Wallas ditinjau dari tipe intelegensi siswa. Penelitian ini ... -
Penerapan Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Siswa SMP
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan: (1) menguji pengaruh yang signifikan antara strategi discovery learning dan problem based learning terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji pengaruh yang signifikan antara tingkat kemandirian ... -
Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Taksonomi Solo Kelas X
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam meneyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari lima level taksonomi SOLO dan faktor-faktor yang ... -
Program Magang Asisten Guru Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini memiliki empat tujuan. (1) Menguji kontribusi pelaksanakan pembelajaran, pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran dan kemampuan sosial terhadap kesiapan mahasiswa. (2) Menguji kontribusi pelaksanakan ... -
Penelitian Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Problem Possing dan Problem Based Learning Serta Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Tahun Pelajaran 2016/2017
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji: (1) perbedaan pengaruh strategi pembelajaran Problem Possing dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar. (2) perbedaan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil ... -
Implementasi Penilaian Unjuk Kerja dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun2016/2017
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui implementasi penilaian unjuk kerja berbasis cooperative learning tipe STAD. Jenis penelitian Kualitatif dengan desain Tindakan Kelas ... -
Peningkatan Penalaran Matematika Melalui Strategi Numbered Heads Together Berbasis Discovery Learning (PTK pada Siswa Kelas X Akuntansi 1 Semester Genap SMK N 1 Banyudono Tahun 2016/2017)
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penalaran matematika melalui strategi Numbered Heads Together berbasis Discovery Learning pada siswa kelas X Akuntansi 1 SMK N 1 Banyudono. Jenis penelitian yang digunakan ... -
Analisis Tingkat Kesulitan Soal Pemecahan Masalah dalam Buku Siswa Pelajaran Matematika SMP Kelas IX Kurikulum 2013
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan soal pemecahan masalah dalam buku siswa matematika kelas IX kurikulum 2013 ditinjau dari komponen-komponen penyusun soal diantaranya jenis soal, jenis bilangan, ... -
Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Memecahkan Soal Matematika Model PISA Konten Uncertainty And Data
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan siswa dan faktor penyebabnya dalam memecahkan soal matematika model PISA konten uncertainty and data. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu ... -
Kajian Soal Pada Buku Teks Matematika Siswa Kelas VII Semester 2 Kurikulum 2013 (Edisi Revisi 2016) Menggunakan Framework PISA
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian soal-soal pada buku teks matematika siswa kelas VII semester 2 kurikulum 2013 (edisi revisi 2016) ditinjau dari framework PISA. Instrumen yang digunakan untuk ... -
Kontribusi Komunikasi Matematik, Persepsi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika, dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Purwodadi
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini dilakukan dengan tujuan, (1)menguji kontribusi komunikasi matematik, persepsi siswa pada mata pelajaran matematika dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji kontribusi komunikasi ... -
Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping (PTK pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 7 Sukoharjo Tahun 2016/2017)
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang melalui model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas ...