Browsing Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia by Title
Now showing items 35-54 of 58
-
Pemilihan Kata Bahasa Indonesia Sebagai Sarana Penguasaan Bahan Ajar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Bahasa sebagai alat komunikasi memiliki peran sebagai sarana penyampai informasi. Dengan demikian, bahasa juga memiliki peran sebagai penyampai informasi ilmiah atau keilmuan. Semakin mudah bahasa dipahami, semakin ... -
Pemilihan Materi Teks Sastra Tembang Jawa Dalam Upaya Penanaman Dan Mewujudkan Generasi Anak Bangsa Yang Berkarakter
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Sastra Jawa ialah sastra daerah yang telah memiliki akar kukuh di dalam kehidupan kebudayaannya, dan Robson (1978: 6-7) mengatakan bahasa sastra adalah bagian kebudayaan. Kebudayaan adalah kelompok adat kebiasaan, pikiran, ... -
Pendidikan Karakter Berbasis Multietnis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Menghadapi Era MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Masyarakat Indonesia dalam menggunakan teknologi tidak memperhatikan pengaruh negatif teknologi tersebut, khususnya berpengaruh pada budaya tradisional dan bahasa nasional. Budaya atau etnis yang terdapat pada di setiap ... -
Pengaruh Menyimak Cerita terhadap Kemampuan Bercerita Fiksi pada Anak
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Penulisan makalah ini bertujuan untuk 1) mengetahui apakah menyimak cerita dapat memengaruhi kemampuan anak bercerita fiksi 2) mengetahui bagaimana proses menyimak mampu memengaruhi kemampuan anak dalam bercerita fiksi. ... -
Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Biografi Tokoh Bermuatan Pendidikan Toleransi Kehidupan Beragama
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Tujuan penelitian ini adalah memaparkan kriteria biografi tokoh yang bermuatan pendidikan toleransi kehidupan beragama dan memaparkan proses penyusunan bahan ajar apresiasi biografi tokoh yang bermuatan pendidikan toleransi ... -
Pengembangan Indikator Dalam Upaya Mencapai Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Indikator mempunyai peranan yang sangat penting dalam rancangan persiapan pembelajaran karena proses belajar mengajar yang baik harus direncanakan dengan baik pula. Pengembangan indikator yang baik akan mengukur kompetensi ... -
Pengembangan Komik dengan Topik Transportasi di Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Dasar di Lembaga Alam Bahasa Yogyakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-11-19)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komik. Topik yang digunakan ialah transportasi di Indonesia. Hasil penelitian ini ditinjau dari kualitas isi, tujuan, instruksional, dan teknis. Metode ... -
Pengembangan Model Integratif Berbasis Aspek Wacana Pada Pembelajaran Menulis Dongeng Peserta Didik SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Salah satu masalah nasional yang sedang dihadapi bangsa Indonesia adalah rendahnya nilai literasi. Salah satu sebabnya adalah minat membaca dan menulis di kalangan pelajar maupun masyarakat yang masih rendah. Kepala Badan ... -
Pengembangan Sikap Positif Dan Internalisasi Nilai-Nilai Luhur Melalui Teks Sastra Media Massa Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Menyongsong Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Alasan perkembangan dan perubahan kurikulum didasari atas beberapa faktor. Hal ini diungkapkan Dakir (2010) dalam bukunya Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Faktor yang melatarbelakangi perubahan itu antara lain ... -
Pengembangan Teks Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Buku Ajar Berbasis Multiple Intelligences Dalam Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Sistem pendidikan nasional yang mengukur tingkat kecerdasan anak didik yang hanya menekankan kemampuan logika dan bahasa perlu direvisi. Kecerdasan intelektual tidak hanya mencakup dua parameter tersebut, tetapi juga ... -
Penilaian Autentik Materi Sastra pada Kurikulum 2013 sebagai Upaya Menyongsong MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Isu MEA hendaknya perlu ditanggapi dengan bijaksana. Penguatan dalam penggunaan bahasa Indonesia bagi warga sendiri perlu digalakkan oleh pemerintah. Jangan sampai MEA menjadikan masyarakat menjadi latah bahasa asing ... -
Penilaian Proyek Sebagai Implementasi Authentic Assesment untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Drama di Sekolah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Penilaian dalam pembelajaran digunakan sebagai sarana untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran pada peserta didik. Penilain yang fokus terhadap hasil kognitif dirasa kurang memuaskan dan kurang memberikan pengalaman ... -
Penilaian Ranah Afektif Dalam Menulis Cerpen Menyongsong Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Penilaian ranah afektif merupakan penilaian yang mencakup banyak dimensi yang antara lain mencakup watak perilaku perasaan, sikap, minat, emosi, dan motivasi. Ranah afektif merupakan salah satu ranah yang perlu ... -
Peran Guru dan Strategi Bude Kokom (Belajar Untung dengan Kooperatif Kompetitif) dalam rangka Optimlasisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Kajian ini didasarkan pada kepedulian penulis sebagai masyarakat penutur bahasa Indonesia terhadap pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia melalui kegiatan pembelajaran bahasa saat menghadapi era Masyarakat Ekonomi ... -
Peran Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Media adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar. Banyak media yang dapat dibawa ke dalam kelas yang dapat menggairahkan siswa sekolah dasar untuk belajar bahasa Indonesia. Salah satu media yang dapat ... -
Produksi Cerita Pendek Melalui Pengembangan Nilai-Nilai Peribahasa Indonesia: Sebuah Kajian Awal
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Peribahasa menggambarkan sifat, perilaku, dan keadaan suatu masyarakat. Selain itu, peribahasa berfungsi sebagai alat kontrol untuk menjaga keharmonisan hubungan sosial. Akan tetapi, kenyataan yang terjadi adalah ... -
Quizlet : Penggunaan Aplikasi Smartphone untuk Siswa dalam Mendukung Mobile Learning
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)In our ever-changing marketplace, today’s students are being educated, largely, for jobs that haven’t yet been invented. Technology is being created and updated at a frenetic pace, and growing more pervasive and useful ... -
Sastra Terjemahan Sebagai Bahan Penunjang Pengajaran Sastra
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Terbatasnya buku dan bacaan penunjang pembelajaran sastra di sekolah, khususnya di tingkat sekolah menegah, menjadi salah satu kendala bagi keberhasilan pembelajaran sastra. Selain itu, rendahnya minat pelajar terhadap ... -
Stand Up Comaedy sebagai Sarana Pengembang Ide dalam Produksi Teks Anekdot pada Siswa SMA (Sebuah Desain Pembelajaran)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Kurikulum 2013 telah diberlakukan di beberapa sekolah dimulai dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan kurikulum ini berbasis pada teks. Salah satu teks yang diajarkan ... -
Strategi Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Berbagai upaya pengembangan dan pembinaan Bahasa Indonesia telah dan sedang dilakukan oleh Pemerintah dan seluruh elemen terkait untuk merawat dan mengawal bahasa di tanah air. Salah satu upaya tersebut adalah dengan ...