Now showing items 142-161 of 272

    • Pelatihan Mitigasi Bencana Remaja Berbasis Kearifan Lokal di Desa Rahtawu, Kabupaten Kudus 

      Sa'adah, Miratus; Murdiono, Fijai; Pranata, Wahyu Dwi; Sa'adah, Khilyatus; Robani, Rohmat (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Pelatihan mitigasi bencana remaja ini kami lakukan dalam 2 (dua) tahap dan menggunakan beberapa pendekatan yaitu pemberian materi yang berkaitan dengan kebencanaan, diskusi, memutar film bertema lingkungan, menulis cerita ...
    • PELATIHAN SOCIAL STORIES UNTUK MEMBENTUK PERILAKU ALTRUISME ANAK USIA DINI BAGI GURU PAUD 

      Yuwanto, Listyo (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Pendidikan karakter idealnya ditanamkan sejak anak berusia dini. Orangtua dan guru pendidikan anak usia dini memiliki peran penting pembentukan karakter sejak usia dini. Salah satu karakter yang seharusnya dimiliki adalah ...
    • Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja Dengan Program Konselor Sebaya dan Usulan Posyandu Remaja 

      Subardjo, Ratna Yunita Setiyani (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Generasi muda adalah tulang punggung bangsa yang dipersiapkan agar dapat meneruskan cita-cita luhur bangsa agar tercapai kemakmuran dan kehidupan yang lebih baik. Akhir-akhir ini, seiring berkembangnya zaman, banyak terjadi ...
    • Pemahaman Anak Terhadap Peran Jenis Kelamin 

      Putri, Yusmi Dwi; Raihana, Permata Ashfi; Purwandari, Eny (Muhammadiyah University Press, 2017-04-29)
      Dewasa ini kasus pelecahan seksual marak terjadi pada anak. Kondisi ini mencerminkan bahwa di Indonesia masih minim pengetahuan dan sosialisasi mengenai pendidikan seksual pada anak. Dampak yang ditimbulkan adalah anak ...
    • Pemanfaatan Media Sosial Oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta 

      Ghifari, Muhammad; Mustika, Viska Erma; Rosidah, Hafizh Khofaria; Kirana, Aulia (Muhammadiyah University Press, 2017-04-29)
      Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial oleh mahasiswa serta untuk mengetahui usia awal mahasiswa dalam menggunakan media sosial. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif ...
    • Pembelajaran Karakter Multikulturalisme Melalui Program Psychological First Aid Korban Bencana Alam 

      Yuwanto, Listyo; Khiat, Vanessa (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Indonesia memiliki potensi kerawanan bencana alam yang tinggi sehingga tidak mengherankan bencana alam terjadi silih berganti menyebabkan kerusakan dan korban jiwa. Bantuan bagi korban bencana alam berupa program psychological ...
    • PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM KELUARGA JAWA 

      Nurani, Gita Aulia; Puspadewi, Melia; Apriliani, Fitria; Moordiningsih (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Keluarga merupakan komponen terkecil dalam masyarakat yang berperan penting dalam pembentukan karakter anak. Orangtua sebagai model utama dalam keluarga bertindak sebagai penanggungjawab timbulnya perilaku positif maupun ...
    • Pembentukan Karakter Entrepreneur Untuk Kemandirian Dan Kemajuan Bangsa 

      Laily, Nadhirotul (2012-06-04)
      Menumbuhkan karakter entrepreneur tidak bisa di tempuh hanya dalam waktu yang singkat, tetapi harus di tumbuhkan sejak kecil. Dengan tumbuhnya karakter entrepreneur dalam masyarakat kita, maka akan muncul perubahan dalam ...
    • Pembinaan Soft Skill Bagi Anak Yatim Panti Asuhan Muhammadiyah Purwokerto, Banyumas 

      Nur'aeni; Zakiyah; Septiningsih, Dyah Siti (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Penerapan Ipteks dengan judul “Pembinaan Soft Skill bagi Anak Yatim Panti Asuhan Muhammadiyah Purwokerto, Banyumas” memiliki tujuan dan target membekali para anak yatim dengan ketrampilan Soft Skill- ketrampilan non teknis- ...
    • Pemetaan, Peminimalisasian, Pengkreasian, dan Penggalian Dampak Stiker Vulgar di Lingkungan Pelajar SMA Surakarta 

      Wahyudi, Agus Budi; Sabardila, Atiqa; Riyanto, Sugeng; Faizah, Naimul (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Penelitian ini bertujuan: (1) memetakan stiker vulgar di lingkungan pelajar SMA di Surakarta, khususnya SMA Muhammadiyah di Surakarta; dan (2) meminimalisasi peredaran stiker vulgar tersebut di lingkungan pelajar SMA ...
    • PEMIMPIN DARI MAHASISWA: DAPATKAH DICIPTAKAN? 

      Rahmania; Tia; Alfikalia (2012-06-04)
      Peran pemimpin sangat penting dalam menggerakkan kelompok. Pemimpin diharapkan mampu membangkitkan semangat dan menginspirasi kelompoknya untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. Universitas sebagai ...
    • Pendidikan Berkarakter melalui Pembelajaran Sastra 

      Andriani, Margareta (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Tulisan ini membahas pendidikan berkarakter melalui pembelajaran sastra. Pendidikan karakter sangat dibutuhkan untuk membentuk kepribadian seseorang agar menjadi manusia yang berakhlak mulia dan memiliki karakter yang baik. ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER ( KAJIAN DARI TEORI EKOLOGI PERKEMBANGAN) 

      Na’imah, Tri (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Tulisan ini dilatar belakangi beberapa fenomena di masyarakat yang menunjukkan rendahnya karakter anak. Fenomena itu antara lain masih banyaknya kasus bullying di sekolah, tindak asusila, bahkan kriminalitas anak. ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM KELUARGA MUSLIM JAWA 

      Sujoko (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Memiliki anak yang berkarakter, sholeh dan sholehah, jujur, disiplin, mau bekerja keras, kreatif, mandiri, gemar membaca, peduli lingkungan dan sosial, serta bertanggung jawab merupakan dambaan setiap keluarga. Usaha ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI : SUDAH TERLAMBATKAH? 

      Asyanti, Setia (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Berbagai artikel ilmiah maupun populer mengenai pendidikan karakter telah banyak beredar. Masyarakat makin menyadari pentingnya pendidikan karakter setelah mencermati berbagai peristiwa beruntun di Indonesia yang ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH: APAKAH MENJADIKAN ANAK-ANAK LEBIH BAIK? 

      Karyani, Usmi (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Gencarnya sounding mengenai urgensi pendidikan karakter disambuat baik oleh banyak pihak, sehingga ghirah (semangat) melaksanakan pendidikan karakter cukup terasa di mana-mana. Pemerintah telah mencanangkan aksi nasional ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER DIPONEGORO 

      Abidin, Zaenal (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Diponegoro adalah salah satu pahlawan nasional yang sampai sekarang masih “hidup” di tengah-tengah bangsa Indonesia. Namanya tidak hanya diabadikan sebagai nama Universitas, tetapi juga untuk Kodam, bahkan untuk nama ...
    • Pendidikan Karakter Mahasiswa: Memberikan Suri Tauladan terhadap Dosen 

      Amalia, Sulfi; Ningsih, Juni Wulan (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Tujuan dari tulisan ini adalah menjelaskan tentang strategi mahasiswa dalam memberikan suri tauladan pada dosen yang malas dengan cara yang tidak menyakitkan hati. Dalam dunia pendidikan, dosen harus menjadi contoh pada ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER MASALAH HAMBATAN KOMPETENSI GURU DAN PENGEMBANGANNYA DI LINGKUNGAN SEKOLAH 

      Widyowati, Arini; Noor Rochman Hadjam, M (2012-06-04)
      Sekolah merupakan institusi pendidikan yang dipandang sebagai sarana yang efektif untuk membentuk pribadi yang unggul, tangguh dan bermoral. Keberhasilan pendidikan karakter sangat dipengaruhi oleh kompetensi guru yang ...
    • Pendidikan Karakter melalui Agama 

      Yuwono, Susatyo (lppmums, 2011-05-28)
      Pembangunan Indonesia masih menyisakan banyak masalah terkait kualitas sumberdaya manusia. Hal ini membutuhkan program pendidikan karakter yang komprehensif, termasuk aspek spiritual atau agama. Dimensi keyakinan, ...