Browsing Volume 11 No, 2, Mei 2011 by Title
Now showing items 1-17 of 17
-
ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL OPERASIONAL PELAYANAN ‘OJEK’ DI PERKOTAAN DI INDONESIA UNTUK MENJAWAB PROSPEK KEBERLANJUTAN LAYANAN MODA PARATRANSIT SEPEDA MOTOR DI MASA MENDATANG (STUDI KASUS DI KOTA SURAKARTA – JAWA TENGAH)
(2011-05)Suatu usaha dapat dianggap layak secara finansial bila dapat diyakini bahwa usaha tersebut dapat berkelanjutan. Dengan mengetahui kelayakan finansial dari operasional ojek dan kondisi sosial ekonomi operator ojek, ... -
ANGKUTAN SEDIMEN PENYEBAB PENDANGKALAN PELABUHAN PULAU BAAI BENGKULU DENGAN MODEL DISKRITISASI DINAMIKA OSEANOGRAFI
(2011-05)Pelabuhan Pulau Baai terletak di pantai barat Pulau Sumatera dengan koordinat Geographics 102016'00 "- 102018'30" Bujur Timur dan 03053'00 "- 03055'30" - Lintang Selatan. Untuk menyelesaikan masalah yang terjadi secara ... -
DISIPASI ENERGI GELOMBANG YANG MERAMBAT MELALUI STRUKTUR BAWAH AIR
(2011-05)Salah satu solusi yang dapat diaplikasikan untuk mengatasi erosi dan abrasi pantai adalah struktur bawah air (submerged structure). Struktur bawah air memiliki keuntungan, yakni hemat dalam penggunaan material dan tidak ... -
EVALUASI DURASI HUJAN PENDEK DALAM PENGEMBANGAN PERANCANGAN BADAI
(2011-05)Data hujan tiap 5 menit yang diambil dari 5 stasiun yang tersebar di wilayah barat daya Johor dianalisis untuk mem-pelajari intensitas-dirasi-frekuensi (IDF) yang berhubungan dengan pengembangan perancangan badai. Penelitian ... -
KARAKTERISTIK LONCATAN HIDROLIK UNDULAR DI HILIR PINTU AIR
(2011-05)Loncatan hidrolik undular adalah lompata hidrolik dengan angka Froude yang rendah akibat adanya pintu roller tetap. Informasi tentang karakteristik lompatan hidrolik undular masih sangat kurang. Untuk kepentingan pengembangan ... -
KEMAUAN MEMBAYAR PENGENDARA UNTUK MENGURANGI CEDERA AKIBAT KECELAKAAN KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS DI DENPASAR, BALI)
(2011-05)Studi ini mengkaji willingness to pay (WTP) pengendara sepeda motor untuk pengurangan luka ringan akibat kecelakaan kendaraan bermotor di Kota Denpasar, Provinsi Bali, dengan menggunakan teknik regresi logistik. Studi ini ... -
MODEL INDEKS BANJIR DAN PROBABILITAS RESIKO PADA DAERAH BANTARAN BANJIR KRUENG MEUREUDU DI PIDIE JAYA PROVINSI ACEH - INDONESIA
(2011-05)Krueng Meureudu terletak di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, termasuk wilayah rawan bencana banjir dan sungai bermaslah berat. Penelitian ini mempelajari hubungan antara penyebab banjir, terutama hujan, debit yang masuk yang ... -
MODEL KECELAKAAN SEPEDA MOTOR PADA RUAS JALAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN GLM (Studi Kasus di Kota Batu)
(2011-05)Model dalam ilmu matematika adalah media bantuan untuk menyederhanakan kenyataan, sehingga akan mempermudah pengetahuan pada fenomena kompleks yang ada. Model transportasi adalah model yang digunakan untuk menjelaskan ... -
PANJANG PIPA INLET TERHADAP EFISIENSI POMPA HIDRAM
(2011-05)Pompa hidram merupakan salah satu pompa air yang hemat energi dan ramah lingkungan. Pompa hidram merupakan teknologi tepat guna dalam bidang pemompaan dengan menggunakan tenaga momentum air (water hammer) untuk menaikkan ... -
PEMANFAATAN LIMBAH ABU SERBUK KAYU SEBAGAI FILLER HOT ROLLED SHEET – BASE (HRS-BASE)
(2011-05)Limbah abu serbuk kayu di kota Ternate, Maluku Utara belum banyakdigunakan untuk campuran aspal. Maka perlu digali lebih banyak lagi pemanfaatannya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh limbah abu serbuk kayu ... -
PENAMBAHAN KAPUR UNTUK PERBAIKAN KARAKTERISTIK TANAH TULAKAN SEBAGAI POZOLAN ALAM UNTUK PENGGANTI SEMEN SEBAGAI BAHAN BAKU BETON
(2011-05)Banyaknya pegunungan aktif di Indonesia membuatnya memiliki deposit tanah pozolan yang berlimpah. Bahan pozolan sudah lama dikenal di Indonesia sebagai bahan bangunan yang dicampur kapur padam. Hanya pengolahannya masih ... -
PENGARUH HIDRAULIKA TERUMBU BUATAN BAGI KESUBURAN PERAIRAN
(2011-05)Plankton sebagai indikator kesuburan perairan sangat dipengaruhi oleh ketersediaan unsur hara dan tingkat sebaran nutriennya. Pola sebaran dan ketersediaan unsur di sekitar habitat struktur juga dipengaruhi oleh adanya ... -
PENGARUH PENGAWETAN BAMBU WULUNG DENGAN ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA TERHADAP MORTALITAS RAYAP KAYU KERING
(2011-05)Sebagai elemen struktur, salah satu kendala pemakaian bambu adalah sifatnya yang rentan terhadap serangan rayap maupun kumbang bubuk sehingga perlu diawetkan agar dapat dipakai dalam waktu lama Penelitian ini bertujuan ... -
PENGARUH PERIODE GELOMBANG PADA PROFIL KEMIRINGAN PANTAI PASIR BUATAN
(2011-05)Beberapa Negara termasuk Indonesia sedang mengembangkan wilayah pantainya terutama untuk konservasi daerah pantai. Perbaikan ini perlu dilakukan ketika pantai tererosi and garis pantai bergerak maju menuju arah daratan ... -
PENGARUH PERUBAHAN KADAR AIR DAN SUCTION TERHADAP PERILAKU KEMBANG VOLUMETRIK TANAH LEMPUNG EKSPANSIF
(2011-05)Perubahan musim di Indonesia menyebabkan fluktuasi kadar air tanah akibat hujan, evaporasi dan evapotranspirasi. Akibat perubahan kadar air ini, tanah ekspansif akan mengalami perubahan volume dan suction. Tanah ekspansif ... -
STUDI PRAKTIS KONSEP ZONA TERLARANG CAMPURAN AGREGAT GRADASI MENERUS SUPERPAVE
(2011-05)Pemilihan jenis gradasi dan penetapan porsi aggregat kasar dalam total berat campuran total aggregat dapat mempengaruhi kekuatan, stabilitas, dan daya tahan campuran aspal terhadap kerusakan deformasi plastis dan retak ... -
STUDI PRAKTIS KONSEP ZONA TERLARANG CAMPURAN AGREGAT GRADASI MENERUS SUPERPAVE
(2011-05)Pemilihan jenis gradasi dan penetapan porsi aggregat kasar dalam total berat campuran total aggregat dapat mempengaruhi kekuatan, stabilitas, dan daya tahan campuran aspal terhadap kerusakan deformasi plastis dan retak ...