dc.identifier.citation | Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2002). Acuan Menu Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. (2008). Modul Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas Hurlock, Elizabeth B. (1997). Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga Kustimah, Abidin, F.A., Kusumawati, D. (2008). Gambaran Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar Ditinjau Dari Hasil Tes NST (Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test). Bandung : Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran Majid, Abdul. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Marzano, R.J. (1994). Assassing Students Outcomes : Performance Assasment Using The Five Dimensions of Learning Models. Alexandria : Association for Supervision and Curriculum Development Maxwell, K.L., Clifford, R.M. (2004). School Readiness Assasment. http://www.naeyc.org/resources/journal Megawangi, Ratna, dkk. (2005). Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan: Penerapan Teori Developmentally Appropriate Practice pada Anak Usia Dini 0-8 tahun. Jakarta : Indonesia Heritage Foundation. Mueller, J. (2006). Authentic Assasment. North Central College. http://jonathan.muller.faculty.noctrl.edu/toolbox/whatisist.htm Muijs, D. & Reynolds, D. (2008). Effective Teaching: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. National Association Education of Young Children. (2009). Where We Stand on School Readiness. http://www.naeyc.org/positionstatements/school_readiness Ormrod, J. Ellis. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jilid 1. Jakarta : Erlangga Piaget, J. (1972). The Child and Reality, Problems of Genetic Psychology. New York: Penguin Books Puckett, M.B., Black, J.K. (1994). Authentic Assasment of The Young Children: Celebrating Development and Learning. New York : MacMillan College Publishing Company Suntrock, J.W. (2007). Child Development (Terjemahan : Mila Rahmawati & Anna Kuswanti). Jakarta : Erlangga Undang undang No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Gramedia Wortham, Sue, C. (2005). Assasment in Early Childhood Education. Ohio-USA : Pearson | in_ID |
dc.description.abstract | Saat ini terjadi fenomena di masyarakat dimana faktor yang dianggap paling penting pada kesiapan sekolah anak adalah kemampuan membaca, menulis, dan berhitung. Hal ini bertentangan dengan hakikat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penilaian pembelajaran di banyak PAUD saat ini lebih difokuskan pada kemampuan akademis. Guru PAUD kesulitan untuk melakukan penilaian yang tepat, penilaian yang mampu mengukur setiap potensi anak secara detil dan menyeluruh pada setiap aspek perkembangan anak. Artikel ini memaparkan tentang permasalahan penilaian pembelajaran yang terjadi di PAUD, dan bagaimana prosedur penerapan penilaian otentik di PAUD, untuk dapat mengukur kesiapan sekolah anak secara tepat. | in_ID |