Validasi Konstruk Instrumen Penilaian Akhlak Peserta Didik
Abstract
Untuk menilai ketercapaian akhlak peserta didik dapat dilakukan bila telah diidentifikasi konstruk akhlak. Konstruk akhlak dapat dikembangkan melalui beberapa pendekatan , salah satunya dengan menggunakan pendekatan akhlak sebagai aspek afektif dan konsep religiousity dari Glock and Stark (1966). Pendekatan akhlak sebagai aspek afektif menggunakan analogi 7 karakteristik penilaian afektif dari Anderson (1981: 32-37). Berdasarkan analisis maka akhlak termasuk dalam karakteristik nilai moral. Sebagai konsep religiousity, konstruk akhlak dikembangkan berdasarkan Dimension of Religiousity. Glock and Stark mengkategorikan komponen religiousity dalam 4 dimensi yaitu dimensi experiential, ideological, ritualistic dan consequential. Dalam pengukuran akhlak peserta didik dimensi religiousity yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah dimensi ritualistic dan consequential. Dimensi ritualistic mencakup aspek pelaksanaan ritual atau ibadah yang dilakukan oleh seorang hamba terhadap Tuhannya (Allah). Sedangkan dimensi consequential mencakup efek atau pengaruh agama terhadap kehidupan seseorang. Untuk mengukur akhlak peserta didik dengan menggunakan pendekatan aspek religiousity hal yang mungkin dapat dilakukan adalah mengukur hal-hal yang potensial dapat diukur (Robinson and Shaver, 1966: 552). Dalam pengukuran akhlak juga diperhatikan aspek target, intensitas dan arah dari akhlak yang diukur. Hasil analisis faktor konfirmatori (CFA) berdasarkan data empirik menunjukkan bahwa konstruk akhlak peserta didik mencakup dimensi akhlak kepada Allah, akhlak kepada Nabi Muhammad saw, akhlak kepada orangtua, akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada guru, akhlak kepada teman/tetangga/masyarakat, dan akhlak kepada lingkungan. Instrumen yang disusun berdasarkan konstruk akhlak tersebut mempunyai kehandalan internal antara 0.865 – 0.921 (tinggi) dan reliabilitas interater 0.866 (tinggi) dan koefisien Cohens’ Kappa 0.770 (sangat baik), serta stabilitas antara 0.715 sampai 0.858 (baik sampai sangat baik).