Paradigma Pendidikan Berpenciri Sebagai Pilar Pendidikan Bereputasi Dalam Menghadapi Tantangan Komputasi-Informasi-Komunikasi Global
Abstract
Studi ini secara umum bertujuan untuk mengidentifikasi dan merumuskan paradigma
pendidikan yang berpenciri sebagai pilar pendidikan bereputasi dalam mengahadapi tantangan
komputasi-komumikasi-informasi global. Secara khusus kajian ini bertujuan untuk memahami dan
mengkaji paradigma dan praksis pendidikan dalam periode sepuluh tahunan terakhir, mengidentifikasi
liku-liku historis empiris pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan dalam periode sepuluh tahunan
terkahir, dan merekonstruksi serta merumuskan paradigma pendidikan yang berpenciri sebagai pilar
pendidikan bereputasi dalam mengahadapi tantangan komputasi-komunikasi-informasi global.
Paradigma dan pendekatan sekaligus analisis yang digunakan dan dikembangkan dalam studi ini
adalah reflektif-historis-futuris. Sebuah kajian yang mendasarkan pada evaluasi kristis reflektif
introspektif holistik dengan berpijak pada rangkaian pengalaman sejarah untuk merumuskan
pengelolaan, pengembangan, dan penyelenggaraan pendidikan masa depan. Pendidikan masa depan
yang dikelilingi oleh perkembangan teknologi komputasi-informasi-komunikasi dan tantangan global.
Hasil kajian menunjukkan bahwa (a) pendidikan yang berorentasi pada tujuan dan manfaat praksis
yang didalamnya lebih mengedepankan pertimbangan akal-kecerdasan menjadi primadona hanya pada
zamannya; (b) pendididikan praksis yang hanya berorentasi pada akal kecerdasan tersebut dipahami
sebagai pendidikan bereputasi pada zamannya; (c) agama-akal-pengalaman berkehidupan
bermasyarakat menjadi pilihan strategis dalam pengelolaan dan pengembangan pendidikan berpenciri;
(d) dalam era komputasi-komunikasi-informasi global pendidikan berpenciri dipandang strategis
sebagai pilar untuk membangun pendidikan bereputasi, antara lain penyelenggaraan pendidikan yang
menggembirakan, penyelenggaraan pendidikan ramah anak, penyelenggaraan pendidikan terpadu,
penyelenggaraan pendidikan berpendekatan empiris-induktif-kealamsemestaan, dan/atau
penyelenggaraan pendidikan program khusus lainnya.
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan, Lama Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi, dan Pengetahuan Mahasiswa Tentang UU Nomor 5 Tahun 2011 Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi di Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Andayani, Septiana Wuri; Bawono, Andy Dwi Bayu (Seminar Nasional dan The 5th Call For Syariah Paper (SANCALL) 2018, 2018-06)This research aims to examine the effect of the variables of quality motivation, career motivation, economic motivation, education cost, long education, accounting knowledge and knowledge of accounting students regarding ... -
Peningkatan Profesional Dosen Melalui Program Perluasanlesson Study pada Jurusan P MIPA Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta
Subadi, Tjipto (Muhammadiyah University Press, 2012-05-09)Tujuan program Lesson Study ini mengkaji dan mendeskripsikan : 1) Peningkatan persiapan pembelajaran, 2) Menumbuhkan kerja kolaborasi, 3) Kontribusi pengembangan strategi pembelajaran, 4) Kontribusi kolegialitas, ...