dc.contributor.author | Prayitno, Harun Joko | |
dc.date.accessioned | 2016-10-20T06:13:57Z | |
dc.date.available | 2016-10-20T06:13:57Z | |
dc.date.issued | 2016-08-03 | |
dc.identifier.citation | Ali, Muhamad. 2015. “Pendidikan Berkemajuan: Refleksi Praksis Pendidikan KHA Dahlan”. Disertasi Tidak Dipubikasikan. Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY. Bernadib, Imam. 1994. Filsafat Pendidikan: Pengantar mengenai Sistem dan Metode. Jakarta: Andi Ofset. Dewey, John. 1997. Experience and Education. New Yorks: Simon & Schuster Publisher. Kuntoro, Sodiq A. 2006. “Menelusuri Perkembangan Pendidikan Nasional Indonesia: Peran Pendidikan bagi Integrasi Bangsa”. Dalam Sismono La Ode & Rodhi As’Ad (Ed.). Kearifan Sang Profesor, Bersuku-suku untuk Saling Mengenal. Yogyakarta. UNY Press. Muhadjir, Noeng. 2000. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial. Yogyakarta. Rake Sarasin. Prayitno, Harun Joko. 2015. “Tindak Kesantunan Berbahasa dalam Dialektika Pembelajaran Pragmatik: Berdaya, Berorientasi, dan Berstrategi Kesantunan Positif” dalam Proseding Seminar Nasional Prasasti PPs UNS. Titus et al. 1984. Persoalan-persoalan Filsafat (Terjemahan Muhammad Rasyidi). Jakarta. Bulan Bintang Press. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-045-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7663 | |
dc.description.abstract | Studi ini secara umum bertujuan untuk mengidentifikasi dan merumuskan paradigma
pendidikan yang berpenciri sebagai pilar pendidikan bereputasi dalam mengahadapi tantangan
komputasi-komumikasi-informasi global. Secara khusus kajian ini bertujuan untuk memahami dan
mengkaji paradigma dan praksis pendidikan dalam periode sepuluh tahunan terakhir, mengidentifikasi
liku-liku historis empiris pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan dalam periode sepuluh tahunan
terkahir, dan merekonstruksi serta merumuskan paradigma pendidikan yang berpenciri sebagai pilar
pendidikan bereputasi dalam mengahadapi tantangan komputasi-komunikasi-informasi global.
Paradigma dan pendekatan sekaligus analisis yang digunakan dan dikembangkan dalam studi ini
adalah reflektif-historis-futuris. Sebuah kajian yang mendasarkan pada evaluasi kristis reflektif
introspektif holistik dengan berpijak pada rangkaian pengalaman sejarah untuk merumuskan
pengelolaan, pengembangan, dan penyelenggaraan pendidikan masa depan. Pendidikan masa depan
yang dikelilingi oleh perkembangan teknologi komputasi-informasi-komunikasi dan tantangan global.
Hasil kajian menunjukkan bahwa (a) pendidikan yang berorentasi pada tujuan dan manfaat praksis
yang didalamnya lebih mengedepankan pertimbangan akal-kecerdasan menjadi primadona hanya pada
zamannya; (b) pendididikan praksis yang hanya berorentasi pada akal kecerdasan tersebut dipahami
sebagai pendidikan bereputasi pada zamannya; (c) agama-akal-pengalaman berkehidupan
bermasyarakat menjadi pilihan strategis dalam pengelolaan dan pengembangan pendidikan berpenciri;
(d) dalam era komputasi-komunikasi-informasi global pendidikan berpenciri dipandang strategis
sebagai pilar untuk membangun pendidikan bereputasi, antara lain penyelenggaraan pendidikan yang
menggembirakan, penyelenggaraan pendidikan ramah anak, penyelenggaraan pendidikan terpadu,
penyelenggaraan pendidikan berpendekatan empiris-induktif-kealamsemestaan, dan/atau
penyelenggaraan pendidikan program khusus lainnya. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | pendidikan berpenciri | in_ID |
dc.subject | pendidikan bereputasi | in_ID |
dc.subject | pendidikan ramah anak | in_ID |
dc.subject | pendidikan menggembirakan | in_ID |
dc.subject | pendidikan berkehidupan bermasyarakat | in_ID |
dc.subject | pilar pendidikan | in_ID |
dc.title | Paradigma Pendidikan Berpenciri Sebagai Pilar Pendidikan Bereputasi Dalam Menghadapi Tantangan Komputasi-Informasi-Komunikasi Global | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |