Browsing Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2015 by Issue Date
Now showing items 21-40 of 60
-
Implementasi Layanan Bimbingan Konseling di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)SD Muhammadiyah Program Khusus merupakan satu dari sekian banyak SD Muhammadiyah yang berada di kota Surakarta. Hadir dan berkembang diharapkan memberi wacana untuk alternatif layanan bimbingan konseling bagi warna ... -
Peranan Guru dalam Mengidentifikasi Masalah Peserta Didik di Sekolah Dasar dan Bentuk Bimbingannya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Sekolah Dasar (SD) merupakan tempat memberikan dasar ilmu pengetahuan, untuk memperoleh pendidikan selanjutnya. SD sebagai landasan (fundamentals) untuk mengembangkan potensi dasar sebagai titik awal untuk menuju pendidikan ... -
Pembelajaran Berbasis Karakter
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Pembelajaran mengandung makna adanya kegiatan mengajar dan belajar, di mana pihak yang mengajar adalah guru dan yang belajar adalah siswa yang berorientasi pada kegiatan mengajarkan materi yang berorientasi pada ... -
Analisis Penanaman Pendidikan Karakter 4 Sifat Nabi “SAFT” pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 “Indahnya Kebersamaan” Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter 4 Sifat Nabi “SAFT” tertera dalam buku siswa kelas 4 tema 1 “Indahnya Kebersamaan”. Jenis penelitian: penelitian Kualitatif,peneliti menganalisis,apakah dalam buku siswa ... -
Peranan Guru dalam Mengidentifikasi Masalah Peserta Didik di Sekolah Dasar dan Bentuk Bimbingannya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Sekolah Dasar (SD) merupakan tempat memberikan dasar ilmu pengetahuan, untuk memperoleh pendidikan selanjutnya. SD sebagai landasan (fundamentals) untuk mengembangkan potensi dasar sebagai titik awal untuk menuju pendidikan ... -
Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Krisis karakter yang terjadi saat ini sangat mengkhawatirkan karena melibatkan anakanak. Hal itulah yang mendasari pentingnya pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Pendidikan karakter di Sekolah Dasar dapat dilaksanakan ... -
Penanaman Karakter Saft sebagai Upaya Menciptakan Calon Pendidik Berkarakter dalam Mata Kuliah Microteaching
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Pendidikan karakter dirasakan semakin mendesak untuk diimplementasikan di Indonesia seiring dengan munculnya berbagai perilaku yang jauh dari nilai-nilai kehidupan di Indonesia, seperti korupsi, pembunuhan, penipuan yang ... -
Membangun Kemandirian Belajar Melalui Strategi Metakognitif Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Rendahnya kegigihan siswa dalam belajar, baik belajar tentang konsep maupun prosedur atau algoritmik bahkan menemukan solusi dari suatu masalah, menunjukkan bahwa siswa tidak memiliki kemandirian, khususnya kemandirian ... -
Pengaruh Reward and Punishment terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 3 Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh reward terhadap kedisiplinan siswa kelas tinggi SD Negeri 3 Pandean Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015, 2) mengetahui pengaruh punishment ... -
Bimbingan Belajar untuk Anak Berkebutuhan Khusus
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Anak berkebutuhan khusus merupakananak-anak yang memiliki keunikan tersendiri dalam jenis dan karakteristiknya.Sebagai seorang guru selain mengajar juga membimbing anak berkebutuhan khusus dalam hal belajarnya sehingga ... -
Integralistik Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Fakta di sekolah dasar, kegiatan Bimbingan Konseling tidak diberikan oleh Guru Pembimbing secara khusus seperti di jenjang pendidikan SMP dan SMA. Guru kelas harus menjalankan tugasnya secara menyeluruh, baik tugas ... -
Model Pembelajaran Bahasa Inggris pada Taman Kanak-Kanak Widyapura Pajang, Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Maksud diadakannya penelitian ini untuk mengidentifikasi model pembelajaran bahasa Inggris serta mengklasifikasikan kelemahan dan kelebihan model pembelajaran bahasa Inggris pada TK Widyapura di Suronalan, Pajang Surakarta. ... -
Implementasi Layanan Bimbingan Konseling di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)SD Muhammadiyah Program Khusus merupakan satu dari sekian banyak SD Muhammadiyah yang berada di kota Surakarta. Hadir dan berkembang diharapkan memberi wacana untuk alternatif layanan bimbingan konseling bagi warna ... -
Integrasi Nilai Karakter dalam Materi Pembelajaran PPKn
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Materi ajar merupakan salah satu cara bagi pengintegrasian nilai-nilai karakte dalam suatu mata pelajaran. Diasumsikan bahwa jika sebuah materi ajar mampu memuat dan mengorganisasi nilai-nilai karakter didalamnya secara ... -
Peran Pembelajaran IPA di Sekolah Dalam Membangun Karakter Anak
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi ... -
Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran IPA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Pendidikan merupakan suatu proses dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan, yang dilaksanakan melalui proses pengajaran dengan ... -
Peran Metode Diskusi dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Di tengah-tengah perkembangan dunia yang begitu cepat dan semakin kompleks dan canggih, prinsip-prinsip pendidikan untuk membangun etika, nilai dan karakter peserta didik tetap harus dipegang. Metode diskusi diharapkan ... -
Implementasi Pembelajaran Inovatif dan Kreativitas Guru dalam Pendidikan Profetik di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun 2014
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran inovatif dan kreatifitas guru dalam pendidikan profetikdi SDIT Nur Hidayah Surakarta dengan menggunakan pengamatan, wawancara dan melihat dan menganalisis ... -
Pengembangan Model Pembelajaran Berkarakter Antikorupsi Berbantuan Film (Pankorfi) pada Mata Pelajaran PKn
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Pemberantasan korupsi tidak cukup dilakukan pemerintah melalui penegakan hukum semata tetapi perlu dukungan semua pihak. Salah satunya melalui pendidikan antikorupsi. Berdasarkan hasil field study di SDN Kalimacan 1, SDN ... -
Bermain dan Bersenam Si Buyung untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar dan Penguatan Karakter Anak-Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Salah satu pendekatan dalam kegiatan belajar di Taman- Kanak-Kanak (TK) dan di kelas rendah (SD) adalah belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar. Ciri-ciri dunia anak usia sekolah kelas rendah antara 6-8 tahun ...