Browsing Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017 by Title
Now showing items 20-39 of 40
-
Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Taksonomi Solo Kelas X
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam meneyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari lima level taksonomi SOLO dan faktor-faktor yang ... -
Kontribusi Komunikasi Matematik, Persepsi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika, dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Purwodadi
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini dilakukan dengan tujuan, (1)menguji kontribusi komunikasi matematik, persepsi siswa pada mata pelajaran matematika dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji kontribusi komunikasi ... -
Kontribusi Sikap Disiplin, Fasilitas Belajar, Monitoring Orang Tua Terhadap Kemandirian Dampaknya Pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, dan monitoring orang tua terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui kemandirian siswa, (2) menguji kontribusi sikap disiplin, ... -
Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Think Pair Share Ditinjau dari Komunikasi Matematik Siswa
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation(GI) dan Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan pengaruh tingkat ... -
Pembelajaran Matematika Berbasis Kegiatan (Activities-based Learning Mathematics)
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14) -
Pembelajaran Matematika dengan Strategi Problem Based Learning (PBI) dan Discovery Learning (DI) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keaktifan Belajar
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini memiliki tiga tujuan. (1) Menganalisis dan menguji perbedaan hasil belajar ditinjau dari pembelajaran matematika dengan strategi Problem Based Learning dan Discovery Learning, (2) Menganalisis dan menguji ... -
Penelitian Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Problem Based Learning dan Numbered Head Together serta Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji: (1) pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning dan Numbered Head Together terhadap hasil belajar. (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. ... -
Penelitian Hasil Belajar Matematika dengan Strategi Problem Possing dan Problem Based Learning Serta Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Tahun Pelajaran 2016/2017
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji: (1) perbedaan pengaruh strategi pembelajaran Problem Possing dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar. (2) perbedaan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil ... -
Penerapan Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Siswa SMP
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan: (1) menguji pengaruh yang signifikan antara strategi discovery learning dan problem based learning terhadap hasil belajar matematika, (2) menguji pengaruh yang signifikan antara tingkat kemandirian ... -
Pengaruh Metode Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun 2016/2017
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh metode pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan penalaran siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara ... -
Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar matematika. ... -
Pengembangan ELEDU (E-Learning For Education) sebagai Penunjang Proses Belajar Mengajar bagi Guru dan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu media pembelajaran berbasis ICT yang dapat diakses siswa menggunakan komputer, gadget/smartphone, agar siswa dapat mengulang kembali materi pelajaran kapan saja dan dimana saja, ... -
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Posing
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa kelas X AP 2 SMK Prawira Marta Kartasura melalui penerapan model pembelajaran Problem posing. Penelitian ini ... -
Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMK Kelas X Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)ABSTRAK. Rendahnya kemampuan penalaran matematika siswa kelas X TKR 4 SMK Muhammadiyah 01 Boyolali dilihat dari setiap indikatornya merupakan latar belakang masalah penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ... -
Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping (PTK pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 7 Sukoharjo Tahun 2016/2017)
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang melalui model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas ... -
Peningkatan Penalaran Matematika Melalui Strategi Numbered Heads Together Berbasis Discovery Learning (PTK pada Siswa Kelas X Akuntansi 1 Semester Genap SMK N 1 Banyudono Tahun 2016/2017)
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penalaran matematika melalui strategi Numbered Heads Together berbasis Discovery Learning pada siswa kelas X Akuntansi 1 SMK N 1 Banyudono. Jenis penelitian yang digunakan ... -
Peningkatan Penalaran Matematika melalui Strategi Think Pair Share Berbasis Problem Based Learning
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan penalaran matematika siswa kelas X Multimedia B SMK Negeri 9 Surakarta dengan strategi Think Pair Share berbasis Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah ... -
Program Magang Asisten Guru Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini memiliki empat tujuan. (1) Menguji kontribusi pelaksanakan pembelajaran, pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran dan kemampuan sosial terhadap kesiapan mahasiswa. (2) Menguji kontribusi pelaksanakan ... -
Proses Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit dalam Memecahkan Masalah Pythagoras Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau dari Tipe Intelegensi Siswa
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 2Sawit dalam memecahkan masalah pythagoras berdasarkan tahapan Wallas ditinjau dari tipe intelegensi siswa. Penelitian ini ... -
Smart Teacher dan Karya Nyata Matematika untuk Kemajuan Bangsa
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)