Browsing Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia by Title
Now showing items 31-50 of 58
-
Pembelajaran Bahasa Indonesia Bermuatan Budaya sebagai Penguatan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA): (Pengalaman di USSH Ho Chi Minh City- Universitas Nasional Vietnam)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Bahasa dan Budaya merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Selain sebagai produk budaya, bahasa juga mencerminkan filosofi, nilai-nilai, dan ekspresi budaya material suatu bangsa. Bahasa Indonesia memiliki kekhusuan dalam ... -
Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Dalam minggu ketiga bulan Maret yang lalu terdapat dua tulisan yang menarik untuk disimak yang dimuat harian Kompas terkait dengan Kurikulum 2013, khususnya tentang kurikulum bahasa Indonesia. Dua tulisan tersebut ... -
Pembelajaran Menyimak Di SMP Negeri 1 Gemolong Tahun Pelajaran 2009/2010
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Menyimak dalam kehidupan sehari-hari penting karena memperoleh informasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Menyimak merupakan salah satu sarana ampuh dalam menjaring informasi. Berbagai ragam pengetahuan atau ... -
Pembelajaran Sastra Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Optimalisasi Pendidikan Karakter Kebangsaan Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) merupakan salah satu dampak dari adanya globalisasi. Arus globalisasi yang tidak dapat dibendung, senantiasa menuntut ruang gerak yang dinamis dalam segala aspek kehidupan. MEA dalam konteks ... -
Pemilihan Kata Bahasa Indonesia Sebagai Sarana Penguasaan Bahan Ajar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Bahasa sebagai alat komunikasi memiliki peran sebagai sarana penyampai informasi. Dengan demikian, bahasa juga memiliki peran sebagai penyampai informasi ilmiah atau keilmuan. Semakin mudah bahasa dipahami, semakin ... -
Pemilihan Materi Teks Sastra Tembang Jawa Dalam Upaya Penanaman Dan Mewujudkan Generasi Anak Bangsa Yang Berkarakter
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Sastra Jawa ialah sastra daerah yang telah memiliki akar kukuh di dalam kehidupan kebudayaannya, dan Robson (1978: 6-7) mengatakan bahasa sastra adalah bagian kebudayaan. Kebudayaan adalah kelompok adat kebiasaan, pikiran, ... -
Pendidikan Karakter Berbasis Multietnis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Menghadapi Era MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Masyarakat Indonesia dalam menggunakan teknologi tidak memperhatikan pengaruh negatif teknologi tersebut, khususnya berpengaruh pada budaya tradisional dan bahasa nasional. Budaya atau etnis yang terdapat pada di setiap ... -
Pengaruh Menyimak Cerita terhadap Kemampuan Bercerita Fiksi pada Anak
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Penulisan makalah ini bertujuan untuk 1) mengetahui apakah menyimak cerita dapat memengaruhi kemampuan anak bercerita fiksi 2) mengetahui bagaimana proses menyimak mampu memengaruhi kemampuan anak dalam bercerita fiksi. ... -
Pengembangan Bahan Ajar Apresiasi Biografi Tokoh Bermuatan Pendidikan Toleransi Kehidupan Beragama
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Tujuan penelitian ini adalah memaparkan kriteria biografi tokoh yang bermuatan pendidikan toleransi kehidupan beragama dan memaparkan proses penyusunan bahan ajar apresiasi biografi tokoh yang bermuatan pendidikan toleransi ... -
Pengembangan Indikator Dalam Upaya Mencapai Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Indikator mempunyai peranan yang sangat penting dalam rancangan persiapan pembelajaran karena proses belajar mengajar yang baik harus direncanakan dengan baik pula. Pengembangan indikator yang baik akan mengukur kompetensi ... -
Pengembangan Komik dengan Topik Transportasi di Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Dasar di Lembaga Alam Bahasa Yogyakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-11-19)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komik. Topik yang digunakan ialah transportasi di Indonesia. Hasil penelitian ini ditinjau dari kualitas isi, tujuan, instruksional, dan teknis. Metode ... -
Pengembangan Model Integratif Berbasis Aspek Wacana Pada Pembelajaran Menulis Dongeng Peserta Didik SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Salah satu masalah nasional yang sedang dihadapi bangsa Indonesia adalah rendahnya nilai literasi. Salah satu sebabnya adalah minat membaca dan menulis di kalangan pelajar maupun masyarakat yang masih rendah. Kepala Badan ... -
Pengembangan Sikap Positif Dan Internalisasi Nilai-Nilai Luhur Melalui Teks Sastra Media Massa Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Menyongsong Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Alasan perkembangan dan perubahan kurikulum didasari atas beberapa faktor. Hal ini diungkapkan Dakir (2010) dalam bukunya Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Faktor yang melatarbelakangi perubahan itu antara lain ... -
Pengembangan Teks Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Buku Ajar Berbasis Multiple Intelligences Dalam Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Sistem pendidikan nasional yang mengukur tingkat kecerdasan anak didik yang hanya menekankan kemampuan logika dan bahasa perlu direvisi. Kecerdasan intelektual tidak hanya mencakup dua parameter tersebut, tetapi juga ... -
Penilaian Autentik Materi Sastra pada Kurikulum 2013 sebagai Upaya Menyongsong MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Isu MEA hendaknya perlu ditanggapi dengan bijaksana. Penguatan dalam penggunaan bahasa Indonesia bagi warga sendiri perlu digalakkan oleh pemerintah. Jangan sampai MEA menjadikan masyarakat menjadi latah bahasa asing ... -
Penilaian Proyek Sebagai Implementasi Authentic Assesment untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Drama di Sekolah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Penilaian dalam pembelajaran digunakan sebagai sarana untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran pada peserta didik. Penilain yang fokus terhadap hasil kognitif dirasa kurang memuaskan dan kurang memberikan pengalaman ... -
Penilaian Ranah Afektif Dalam Menulis Cerpen Menyongsong Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Penilaian ranah afektif merupakan penilaian yang mencakup banyak dimensi yang antara lain mencakup watak perilaku perasaan, sikap, minat, emosi, dan motivasi. Ranah afektif merupakan salah satu ranah yang perlu ... -
Peran Guru dan Strategi Bude Kokom (Belajar Untung dengan Kooperatif Kompetitif) dalam rangka Optimlasisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Kajian ini didasarkan pada kepedulian penulis sebagai masyarakat penutur bahasa Indonesia terhadap pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia melalui kegiatan pembelajaran bahasa saat menghadapi era Masyarakat Ekonomi ... -
Peran Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Media adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar. Banyak media yang dapat dibawa ke dalam kelas yang dapat menggairahkan siswa sekolah dasar untuk belajar bahasa Indonesia. Salah satu media yang dapat ... -
Produksi Cerita Pendek Melalui Pengembangan Nilai-Nilai Peribahasa Indonesia: Sebuah Kajian Awal
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)Peribahasa menggambarkan sifat, perilaku, dan keadaan suatu masyarakat. Selain itu, peribahasa berfungsi sebagai alat kontrol untuk menjaga keharmonisan hubungan sosial. Akan tetapi, kenyataan yang terjadi adalah ...