Now showing items 256-272 of 272

    • Studi Awal : Gambaran Literasi Kesehatan Mental Pada Remaja Pengguna Teknologi 

      Rachmayani, Dita; Kurniawati, Yunita (Muhammadiyah University Press, 2017-04-29)
      Pertumbuhan remaja saat ini tidak lepas dari penggunaan teknologi dalam aktivitas hidupnya. Hal ini disebabkan karena teknologi dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan remaja, seperti berkomunikasi, eksistensi serta pencarian ...
    • Studi Deskriptif Mengenai Adversity Quotient pada Guru Sekolah Dasar di SLB-D X Bandung 

      Wangi, Eneng Nurlaili; Ningsih, Prayudha Setya (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Pendidikan berhak diikuti setiap orang, termasuk anak yang memiliki kebutuhan khusus. Salah satu sekolah bagi anak berkebutuhan khusus terutama berkaitan dengan kecacatan fungsi anggota tubuh adalah SLB-D X Bandung. Sekolah ...
    • Studi Kasus Pembangunan Karakter pada Anak Melalui Pendidikan Ekstra Kurikuler 

      Shinta, Arundati (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)
      Abstraksi. Karakter kuat seperti tekun, disiplin, jujur, bersedia menjaga kebugaran fisik secara rutin, peduli pada sesama, kutu buku, bersedia menerima tantangan yang menengah sifatnya, adalah karakter dambaan hampir ...
    • Studi Kasus Remaja Gangguan Penyalahgunaan Zat Amphetamine Abuse di Jakarta 

      Sovitriana, Rilla (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-06-01)
      Subjek (A) adalah seorang remaja putri berusia 20 tahun pengguna narkotika dengan menggunakan jarum suntik. Oleh karenanya ia terkena HIV dan hepatitis C, saat ini sudah mendapatkan perawatan di Rumah sakit ketergantungan ...
    • Subjective Well-Being Pada Menantu Perempuan yang Tinggal Dengan Ibu Mertua 

      Rini, Dyah Puspa; Lestari, Rini (Muhammadiyah University Press, 2017-04-29)
      Bagi sebagian pasangan baru, tinggal dengan orangtua merupakan pilihan yang paling banyak dilakukan. Konflik antara menantu perempuan dan ibu mertua merupakan permasalahan yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Hal ...
    • Subjective Well-Being Pada Pasangan yang Belum Memiliki Anak Kandung Tetapi Memiliki Anak Angkat 

      Unknown author (Muhammadiyah University Press, 2017-04-29)
      Pada umumnya, pasangan menikah memiliki keinginan untuk memperoleh keturunan, namun tidak semua pasangan langsung mendapatkan anak pasca pernikahannya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan gambaran subjective well ...
    • Subjective Well-Being Pada Siswa SMP yang Membolos 

      Prasetyo, Anggoro Hadhi; Lestari, Rini (Muhammadiyah University Press, 2017-04-29)
      Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan kondisi subjective well-being pada siswa SMP yang membolos. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptifkualitatif dengan model penelitian fenomenologi ...
    • Terapan Ajaran Dalam Serat Wedhatama Untuk Mengatasi Problem Psikologis Pada Ibu-Ibu di Wilayah Cangkringan, Sleman Pasca Erupsi Merapi 2010 

      Urbayatun, Siti; Diponegoro, A.M. (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Bangsa Indonesia merupakan wilayah yang rawan bencana gunung berapi.Diperlukan upaya mengantisipasi bencana akibat letusan gunung berapi seperti yang terjadi pada Gunung Merapi di Jawa Tengah pada tahun 2010. Sampai saat ...
    • "The Top Five of Character Strengths" pada Mahasiswa dan Upaya Pengembangannya 

      Soetjiningsih, Christiana Hari (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Artikel ini merupakan telaah empiris tentang karakter mahasiswa dan telaah pustaka tentang upaya pengembangannya. Karakter merupakan konstruk multidimensional. Peterson dan Seligman (2004) telah mengidentifikasi 24 strengths ...
    • Theory of Mind Pada Anak Usia Pra Sekolah Ditinjau Dari Konflik dengan Saudara Kandung 

      Azizah, Nur; Padu, Stefani (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan penting terutama pada usia pra sekolah. Seorang ahli kognisi terkemuka, Jean Piaget menyatakan bahwa usia pra sekolah anak berada pada tahap pemikiran egosentris. ...
    • Ulasan Deskriptif Reliabilitas Alat Ukur Psikologi 

      Nurdjanah, Alifah; Kusumaningtyas, Anggit; Anggarawati, Desy; Fatmasari, Dhian; Sulistyorini, Henny; Widyasari, Risha; Fauziah, Savira Rifki; Widiastuti, Shinta (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana penggunaan reliabilitas alat ukur psikologi. Data yang diambil pada penulisan ini berasal dari 4 jurnal yang bertemakan reliabilitas suatu alat ukur psikologi. ...
    • Ulasan Deskriptif Validitas dalam Suatu Alat Ukur 

      Pratama, Arief Yudha; Irawan, Asep; Uswandari, Baiq Dian; Cahyati, Iin; Minarsih; Laila, Rahma Noor; Fajriyati, Yasrin Nur; Ruzni, Amanue (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam validitas yang dipergunakan dalam jurnal penelitian tentang validitas alat ukur psikologi dan sejauhmana suatu alat ukur berfungsi secara akurat. Data diambil ...
    • Upaya Mengenalkan "Indahnya Persahabatan": Implementasi Pendidikan Berkarakter 

      Mayrita, Hastari (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang memuat mata pelajaran yang berorientasi pada penilaian afektif, kognitif, dan psikomotorik. Kurikulum 2013 lebih mengarahkan peserta didik untuk memiliki potensi diri yang berkarakter ...
    • Upaya Pengendalian Preventif Kekerasan Anak Yang Berdampak Pada Perilaku Menyimpang 

      Enggarani, Nuria Siswi (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-06-13)
      Anak merupakan generasi harapan bangsa dalam satuan terkecil di masyarakat yaitu keluarga yang menempati kedudukan yang primer dan fundamental. Perkembangan mental jasmani anak tidak bisa terlepas dari peran keluarga dan ...
    • Validasi Alat Ukur Nilai Dasar Insani (Basic Human Values) 

      Yuwanto, Listyo; Maria, Cyntia; Septine, Sonya; Santoso, Meliawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Terdapat 10 nilai dasar insani (basic human values) yang berlaku universal, yaitu achievement, power, hedonism, stimulation, self-direction, security, conformity, tradition, universalism, dan benevolence (Schwartz, 1992). ...
    • Validasi Konstruk Instrumen Penilaian Akhlak Peserta Didik 

      Prihatini, Septimar (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Untuk menilai ketercapaian akhlak peserta didik dapat dilakukan bila telah diidentifikasi konstruk akhlak. Konstruk akhlak dapat dikembangkan melalui beberapa pendekatan , salah satunya dengan menggunakan pendekatan akhlak ...
    • Validasi The Gratitude Questionnare (GQ-6) 

      Yuwanto, Listyo; Maria, Cyntia; Septine, Sonya; Santoso, Meliawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)
      Bersyukur (gratitude) merupakan salah satu karakter penting demi tercapainya kebahagiaan dan kesejahteraan hidup bagi masyarakat yang terdampak Erupsi Merapi. Terapi bersyukur merupakan bentuk trauma healing yang dilakukan ...