Now showing items 25-40 of 40

    • PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam di Jakarta) 

      Hastuti, Rahmah; Tiatri, Sri (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Pendidikan karakter mempunyai peran penting dalam pengembangan nilai-nilai positif. Pada saat ini kurikulum pendidikan karakter disajikan secara implisit atau termasuk dalam hidden curriculum. Penelitian ini bertujuan ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI 

      Arjanggi, Ruseno (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menberikan sumbangan pemikiran dan pengembangan aplikasi penelitian dalam pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran terutama di perguruan tinggi. Pendidikan karakter ...
    • PENGALAMAN MEMBANGUN PEMBELAJARAN BERLANDASKAN KARAKTER ISLAMI DI PSIKOLOGI UMS 

      Kumaidi (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 4 ayat 3 menyatakan bahwa pendidikan merupakan suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Makalah ini didasari oleh pengalaman empirik ...
    • PENGEMBANGAN PROGRAM PARENTING BAGI ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI POSITIF DAN KARAKTER ISLAMI 

      Hyoscyamina, Darosy Endah; Dewi, Kartika Sari (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Keluarga adalah tempat pertama dan utama dimana seorang anak berkembang. Fungsi keluarga sebagai wahana bagi anak untuk dididik, diasuh, bersosialisasi, mengembangkan kemampuannya dan membangun kebiasaan-kebiasaan positif, ...
    • PERAN KEHIDUPAN EMOSIONAL IBU, BUDAYA DAN KARAKTERISTIK REMAJA PADA REGULASI EMOSI REMAJA 

      Pratisti, Wiwien Dinar (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Tulisan ini merupakan konsep teoritis mengenai keterkaitan antara kehidupan emosional ibu, budaya serta karakteristik remaja dengan regulasi emosi remaja. Konsep teoritis yang diajukan berdasarkan analisis terhadap konsep ...
    • PERAN KONSEP DIRI DAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER DAYA JUANG SISWA PESANTREN 

      Mubarak (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Institusi pendidikan pesantern memiliki peran sentral dalam membentuk karakter daya juang siswa. Pendidikan pesantren merupakan perpaduan sistem pendidikan modern dengan tradisional religius yang diwujudkan melalui metode ...
    • PERAN ORANGTUA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER POSITIF ANAK 

      Hakim, Siti Nurina (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Terjadinya krisis moral pada masyarakat tampaknya telah terjadi. Dengan mudah dijumpai banyaknya penyimpangan sosial, perbuatan asusila yang dianggap wajar dan merajalelanya korupsi. Apabila fenomena krisis moral seperti ...
    • PERAN RUANG TERBUKA SEBAGAI RUANG SOSIALISASI ANAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA 

      Setyowati, Suryaning (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Kebutuhan ruang terbuka sebagai ruang sosialisasi anak menjadi satu masalah di lingkungan perumahan dan permukiman. Keberadaan ruang terbuka di lingkungan perumahan dan pemukiman banyak dimanfaatkan untuk bangunan usaha, ...
    • PERBEDAAN KEKHUSYUKAN SHALAT DITINJAU DARI JENIS KELAMIN JAMA’AH HALAQAH SHALAT KHUSYUK 

      Nawansih, Witria Sekar; Purwanto, Setiyo (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kekhusyukan shalat antara jama’ah perempuan dan jama;ah laki-laki halaqah shalat khusyuk. Subyek dalam penelitian ini adalah jama’ah halaqah shalat khusyuk di masjid ...
    • PERILAKU KORUP DI MATA MAHASISWA 

      Falah, Falasifatul (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Salah satu faktor yang mempersulit gerakan perang terhadap korupsi adalah hipokrisi yang menjangkiti masyarakat dalam menyikapinya; di satu sisi korupsi dihujat, di sisi lain perilaku korup dianggap sebagai bagian dari ...
    • PERILAKU MANUSIA DALAM KONSEP ISLAM JAWA 

      Kuswardani, Istiana (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Banyak konsep yang berkembang sesuai dengan kebudayaan asal teori itu muncul, sebagai contoh, masyarakat barat dikenal dengan budaya individualis, sedangkan masyarakat timur dengan budaya kolektivis. Hasil dari budaya ...
    • POLA ASUH DAN KARAKTER ANAK DALAM PERSPEKTIF ISLAM 

      Prasetyaningrum, Juliani (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Anak adalah amanah Allah SWT yang dipercayakan kepada hambaNya. Setiap hamba yang dipercaya untuk menerima amanahNya, memiliki tanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan itu. Ketika orangtua mendapat kepercayaan ...
    • POSITIVE PSYCHOLOGY : PSIKOLOGI CARA MERAIH KEBAHAGIAAN 

      Taufik (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Psikologi positif adalah studi tentang emosi-emosi positif untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Memfokuskan pada pemahaman dan penjelasan tentang kebahagiaan dan subjective well-being. Secara operasional psikologi ...
    • PROFIL KEPRIBADIAN 16 PF PELAKU DAN KORBAN BULLYING 

      Hertinjung, Wisnu Sri; Susilowati; Wardhani, Indrastiti Radna (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Penelitian ini bertujuan untuk memahami profil kepribadian pelaku dan korban bullying berdasarkan faktor-faktor kepribadiannya. Subjek penelitian adalah pelaku dan korban bullying di suatu SMA di kota Surakarta dan berusia ...
    • RESILIENSI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER 

      Uyun, Zahrotul (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Pendidikan formal secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak pada pengembangan karakter individu. Pendidikan karakter dapat dilakukan dengan mengembangkan kemampuan-kemampuan yang ada pada diri individu, antara ...
    • SEKOLAH HOLISTIK : PENDIDIKAN KARAKTER ALA IHF 

      Fauziah, Amalia (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Indonesia Heritage Foundation adalah yayasan nonprofit yang hampir 12 tahun berkecimpung di bidang pendidikan karakter. Sembilan pilar karakter yang dicetuskan Ratna Megawangi yang kemudian dikenal sebagai pendidikan ...