Now showing items 1-11 of 11

    • ANALISIS PERMASALAHAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PRA-SEKOLAH (Studi di TK Al Ghoniyyah Malang) 

      Ni’matuzahroh (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Pendidikan karakter merupakan sebuah proses panjang yang harus dilakukan sejak anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter mengingat ...
    • KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PSIKOLOGI ISLAM 

      Mujib, Abdul (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Fungsi pendidikan adalah transformasi kebudayaan dan nilai kepada peserta didik, agar mampu memahami, menginternalisasikan dan menyampaikan kepada generasi berikutnya. Ada dua faktor pendidikan ialah faktor eksternal, ...
    • MENGUNGKAP POTENSI, MEMBANGUN KARAKTER : VISI PENDIDIKAN KINI DAN ESOK. 

      Prihartanti, Nanik (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Keberhasilan sebuah pembelajaran, selain ditentukan oleh materi pembelajaran juga oleh ketepatan pemilihan strategi dan metode pembelajaran. Model pembelajaran pendidikan karakter menuntut strategi yang dapat memfasilitasi ...
    • METODE PEMBIASAAN AS-SUNNAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER 

      Pusfiyaningsih, Linda Yani (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Dalam kemajuan teknologi yang semakin modern ini, pendidikan karakter menjadi salah satu faktor penting dalam perkembangan generasi saat ini. Pendidikan karakter telah dibentuk sejak anak usia dini, baik dalam lingkungan ...
    • PELATIHAN SOCIAL STORIES UNTUK MEMBENTUK PERILAKU ALTRUISME ANAK USIA DINI BAGI GURU PAUD 

      Yuwanto, Listyo (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Pendidikan karakter idealnya ditanamkan sejak anak berusia dini. Orangtua dan guru pendidikan anak usia dini memiliki peran penting pembentukan karakter sejak usia dini. Salah satu karakter yang seharusnya dimiliki adalah ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM KELUARGA MUSLIM JAWA 

      Sujoko (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Memiliki anak yang berkarakter, sholeh dan sholehah, jujur, disiplin, mau bekerja keras, kreatif, mandiri, gemar membaca, peduli lingkungan dan sosial, serta bertanggung jawab merupakan dambaan setiap keluarga. Usaha ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI : SUDAH TERLAMBATKAH? 

      Asyanti, Setia (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Berbagai artikel ilmiah maupun populer mengenai pendidikan karakter telah banyak beredar. Masyarakat makin menyadari pentingnya pendidikan karakter setelah mencermati berbagai peristiwa beruntun di Indonesia yang ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH: APAKAH MENJADIKAN ANAK-ANAK LEBIH BAIK? 

      Karyani, Usmi (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Gencarnya sounding mengenai urgensi pendidikan karakter disambuat baik oleh banyak pihak, sehingga ghirah (semangat) melaksanakan pendidikan karakter cukup terasa di mana-mana. Pemerintah telah mencanangkan aksi nasional ...
    • PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam di Jakarta) 

      Hastuti, Rahmah; Tiatri, Sri (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Pendidikan karakter mempunyai peran penting dalam pengembangan nilai-nilai positif. Pada saat ini kurikulum pendidikan karakter disajikan secara implisit atau termasuk dalam hidden curriculum. Penelitian ini bertujuan ...
    • RESILIENSI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER 

      Uyun, Zahrotul (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Pendidikan formal secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak pada pengembangan karakter individu. Pendidikan karakter dapat dilakukan dengan mengembangkan kemampuan-kemampuan yang ada pada diri individu, antara ...
    • SEKOLAH HOLISTIK : PENDIDIKAN KARAKTER ALA IHF 

      Fauziah, Amalia (Fak Psikologi UMS, 2012-04-21)
      Indonesia Heritage Foundation adalah yayasan nonprofit yang hampir 12 tahun berkecimpung di bidang pendidikan karakter. Sembilan pilar karakter yang dicetuskan Ratna Megawangi yang kemudian dikenal sebagai pendidikan ...