Browsing Dinamika Teknik Sipil* by Title
Now showing items 80-99 of 222
-
KAJIAN LEBAR SEMPADAN SUNGAI (STUDI KASUS SUNGAI-SUNGAI DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
(2009-01)The implementation of stream buffer or river flood plain regulation is needed in Indonesia. In the conservation and environment era of river management the comprehensive approach on river stream buffer management which ... -
KAJIAN LOKASI PENGAMBILAN SAMPEL SEDIMEN SUSPENSI ARAH TRANSVERSAL TERHADAP NILAI KONSENTRASI SEDIMEN SUSPENSI RATA-RATA TAMPANG (Perbandingan Data Pengukuran Laboratorium dan Lapangan)
(2007-07)Sampling of suspended sediment in the field is often conducted not in accordance with the appropriate sampling standards due to many constraints found in the field. Theoretically, sampling of suspended sediment should be ... -
KAJIAN MODEL HIDRAULIK KANTONG LUMPUR BENDUNG COLO KABUPATEN SUKOHARJO
(2006-01)Wonogiri Dam has been operated for many years, and has been shallowed due to sedimentation. The sedimentation material almost reaches the base elevation of dam intake (the limit of dead storage). This condition gives impact ... -
KAJIAN PENGEMBANGAN PENGELOLAAN SUMBERDAYA AIR PADAWILAYAH SUNGAI PROGO-OPAK SERANG DENGAN RIBASIM
(2008-01)Land use change in Progo-Opak-Serang (POS) River Basin has caused hydrologic behavior change, which it is shown by the flooding events during the rainy season, and the lack of water allocation during the dry season. ... -
KAJIAN “TINGKAT KEPUASAN” PENGGUNA ANGKUTAN UMUM DI DIY
(2009-07)The performance of public transport in Jogjakarta is getting worst recently. Therefore both of the government as regulator and public transport company as operator and service provider must pay more attention to improve ... -
KALIBRASI MODEL IHACRES PADA DUA DAS IDENTIK
(2008-01)IHACRES has been applied on two sub-catchments (Kloposawit and Rawatmatu). These two sub-catchment are geographically located at the same climatic regions and having physical characteristic that relatively similair. A ... -
KAPASITAS LENTUR PERKUATAN BALOK BETON BERTULANG YANG TELAH MELELEH DENGAN MENGGUNAKAN LEMBARAN GFRP
(2011-09)Kerusakan struktur beton bertulang dapat saja terjadi akibat umur struktur dan atau akibat perubahan pembebanan ataupun akibat bencana alam. Kebanyakan struktur yang rusak akan langsung dibongkar tanpa mempertimbangkan ... -
KAPASITAS TEKAN DAN TARIK BETON DENGAN BAHAN TAMBAH FILLER ABU AMPAS TEBU DAN ABU ARANG BRIKET DENGAN FAS 0,45
(2011-09)Beton merupakan bahan bangunan yang telah banyak dikenal masyarakat Indonesia karena bahan penyusun beton mudah didapat dan relatif murah. Penelitian tentang beton telah banyak dilakukan, adapun penelitian ini mencoba ... -
KARAKTER STABILITAS PEMECAH GELOMBANG KANTONG PASIR TIPE TENGGELAM
(2011-01)Breakwater merupakan salah satu bangunan pantai untuk mengatasi masalah abrasi. Karena kesulitan dalam memperoleh bahan batu di daerah pantai, bahan untuk breakwater harus terutama dipertimbangkan. Penggunaan karung pasir ... -
KARAKTERISTIK ALIRAN TIDAK SERAGAM DENGAN SEDIMEN SUSPENSI PADA SALURAN TERBUKA
(2007-07)The suspended sediment phenomenon has a close relationship with the water system in a river. The complexity of suspended sediment phenomenon, as well as the turbulence and non-uniformity of flow will cause differences ... -
KARAKTERISTIK KEKASARAN LAPISAN DASAR SEDIMEN ARMOUR
(2011-09)Struktur lapisan dasar armoring merupakan hasil dari campuran gravel bad yang tersortir secara periodik, dimana sedimen yang halus terangkut, sedangkan sedimen yang kasar tetap tertinggal. Tegangan geser yang dihasilkan ... -
KARAKTERISTIK LONCATAN HIDROLIK UNDULAR DI HILIR PINTU AIR
(2011-05)Loncatan hidrolik undular adalah lompata hidrolik dengan angka Froude yang rendah akibat adanya pintu roller tetap. Informasi tentang karakteristik lompatan hidrolik undular masih sangat kurang. Untuk kepentingan pengembangan ... -
KEMAUAN MEMBAYAR PENGENDARA UNTUK MENGURANGI CEDERA AKIBAT KECELAKAAN KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS DI DENPASAR, BALI)
(2011-05)Studi ini mengkaji willingness to pay (WTP) pengendara sepeda motor untuk pengurangan luka ringan akibat kecelakaan kendaraan bermotor di Kota Denpasar, Provinsi Bali, dengan menggunakan teknik regresi logistik. Studi ini ... -
KONSENTRASI SEDIMEN SUSPENSI RATA-RATA KEDALAMAN BERDASARKAN PENGUKURAN 1, 2, DAN 3 TITIK PADA ALIRAN SERAGAM SALURAN TERBUKA
(2008-01)The most appropriate and précise method for determining suspended sediment concentration or suspended sediment discharge in channels is by sampling of suspended sediment data directly from the channel. Depth-integrated and ... -
KONTROL VIBRASI AKTIF PADA STRUKTUR YANG MENGALAMI BEBAN DINAMIK DENGAN MENGGUNAKAN JARINGAN SARAF TIRUAN DAN ALGORITMA GENETIK
(2008-07)This paper presents an active control technique applied to building structures which are excited by external dynamic loadings such as earthquake, wind, and blasting. By using the active control system, the structural ... -
KORELASI NILAI HAMBATAN KONUS (qc) DAN CBR LAPANGAN PADA TANAH LEMPUNG DESA IMBODU
(2011-01)Penentuan daya dukung tanah pada perancangan jalan raya dan Bandar udara adalah faktor penting karena nilai dari daya dukung ini mempengaruhi ketebalan perkerasannya. Untuk menentukan daya dukung tanah, penelitian ini ... -
KRITERIA ENERGI DISTORI UNTUK SIFAT MEKANIS TEKAN UNIAKSIAL KAYU
(2012-05)Material dengan tiga arah utama sumbu simetri yang saling tegak lurus disebut ortotropik, sebagai contoh adalah material kayu. Pada arah longitudinal atau arah serat sangat berbeda dengan dua arah lainnya. Dalam tulisan ... -
LABORATORY STIFFNESS CHARACTERIZATION OF FOAMED COLD-MIX ASPHALT USING INDIRECT TENSILE STIFFNESS MODULUS TEST
(lppmums, 2010-01)The use of foamed cold-mix asphalt (FCMA) can potentially saves energy and fuel consumption and reduces greenhouse gas emission. For these reasons, FCMA has been gaining popularity worldwide. These benefits can be realized ... -
A LABORATORY TEST ON THE STRENGTH AND LOAD-SETTLEMENT CHARACTERISTIC OF IMPROVED SOFT SOIL USING LIME-COLUMN
(lppmums, 2010-09)Naskah ini menyajikan hasil uji aplikasi teknik kolom-kapur (lime-colimn) untuk perkuatan tanah lunak. Tujuan utama penelitian adalah untuk mengkaji sebaran kuat dukung tanah di sekitar kolom-kapur dan karakteristik ... -
Laboratory Trial Works on The Whole Process of Foamed Asphalt Production
(lppmums, 2010-05)Foamed asphalt adalah bahan perkerasan jalan yang pada umumnya diproduksi dengan sistem pencampuran dingin. Selama proses produksi, bahan aspal diubah ke dalam bentuk foam sebelum disemprotkan terhadap agregat dalam keadaan ...