Dinamika Teknik Sipil*: Recent submissions
Now showing items 61-80 of 222
-
ANALISIS PERILAKU GELOMBANG KEJUT DENGAN CARA VOLUME HINGGA
(2011-09)Dalam penelitian ini digambarkan propertis dasar persamaan air dangkal. Sebagian dari penelitian ini ditujukan pada kasus yang tergantung pada waktu tetapi juga struktur eigen pada persamaan superkritis dua dimensi yang ... -
MODEL PEMILIHAN SKEMA KERJASAMA PEMERINTAH DAN SWASTA DALAM INVESTASI AIR MINUM MENGGUNAKAN PROSES JARINGAN ANALITIS (ANP)
(2011-09)Skema kerjasama pemerintah (PPP) dan swasta pada penyediaan infrasturktur air minum di perkotaan telah berkembang menjadi secara pesat. Banyak skema kerjasama pemerintah dan swasta yang bisa dipilih, mulai dari kontrak ... -
DESAIN KEBUTUHAN ARMADA BUS PATAS AC, PENETAPAN TARIF DENGAN SISTEM PENGELOLAAN MANAJEMEN TERPADU BUS JURUSAN SURAKARTA – YOGYAKARTA
(2011-09)Kota Surakarta merupakan kota perdagangan, sedang Yogyakarta merupakan kota pelajar dan Kota budaya. Meskipun kedua kota mempunyai karakteristik yang berbeda, tetapi saling mendukung dan saling berhubungan. Salah satu ... -
EFEK TEMPERATUR TINGGI PADA PERILAKU CYLINDER BETON MUTU TINGGI YANG DIBUNGKUS DENGAN FIBER REINFORCED POLYMER
(2011-09)Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efek temperatur tinggi pada perilaku Fiber Reinforced Polymer (FRP) membungkus silinder beton. Sepuluh silinder beton tak bertulang dengan kuat tekan 60 MPa pada umur 28 hari ... -
MENINGKATNYA KEKUATAN BETON CUACA PANAS DENGAN PERAWATAN SENDIRI PADA AGREGAT BERPORI BASAH
(2011-05)Umumnya beton yang dibuat di daerah cuaca panas selalu diikuti dengan penurunan kekuatan tekan dan tarik. Kehilangan banyak air campuran di dalam badan beton lebih banyak disebabkan oleh penguapan air atau uap air selama ... -
PERILAKU STRUKTURAL TEROWONGAN APUNG TERENDAM DENGAN KONFIGURASI KABEL YANG BERBEDA DIBAWAH BEBAN ALAM
(2011-09)Makalah ini mempresentasikan perilaku struktural dari Submerged Floating Tunnel (SFT) untuk menyeberang Kepulauan Seribu yang dibebani beban lingkungan dengan menggunakan konfigurasi kabel yang berbeda. SFT adalah struktur ... -
EVALUASI EROSI BERDASARKAN GIS DAN PENGINDERAAN JARAK JAUH UNTUK MENDUKUNG MANAJEMEN KONSERVASI SUMBER DAYA AIR YANG TERINTEGRASI (STUDI KASUS DI DAS MANJUNTO, BENGKULU-INDONESIA)
(2011-09)Erosi tanah adalah masalah lingkungan yang utama di DAS Manjuto. Hal ini juga memiliki implikasi ekonomi, serta konsekuensi sosial dan lingkungan. Faktor-faktor kunci yang berkontribusi pada tinggi rata-rata erosi tanah ... -
BAGAIMANA PERUBAHAN-PERUBAHAN BENTUK PERKOTAAN AKIBAT PENGARUH PERUBAHAN PILIHAN PERJALANAN UNTUK MODE KERJA (STUDI KASUS DI WILAYAH METROPOLITAN SIDNEY
(2011-09)Sub-urbanisasi pekerja dan desentralisasi pekerja permukiman yang dialami oleh lebih banyak kota telah memberikan kontribusi lebih tergantung pada mobil dan menurunnya penggunaan angkutan umum, yang mengarah pada ... -
KEMAUAN MEMBAYAR PENGENDARA UNTUK MENGURANGI CEDERA AKIBAT KECELAKAAN KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS DI DENPASAR, BALI)
(2011-05)Studi ini mengkaji willingness to pay (WTP) pengendara sepeda motor untuk pengurangan luka ringan akibat kecelakaan kendaraan bermotor di Kota Denpasar, Provinsi Bali, dengan menggunakan teknik regresi logistik. Studi ini ... -
PENGARUH PERUBAHAN KADAR AIR DAN SUCTION TERHADAP PERILAKU KEMBANG VOLUMETRIK TANAH LEMPUNG EKSPANSIF
(2011-05)Perubahan musim di Indonesia menyebabkan fluktuasi kadar air tanah akibat hujan, evaporasi dan evapotranspirasi. Akibat perubahan kadar air ini, tanah ekspansif akan mengalami perubahan volume dan suction. Tanah ekspansif ... -
ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL OPERASIONAL PELAYANAN ‘OJEK’ DI PERKOTAAN DI INDONESIA UNTUK MENJAWAB PROSPEK KEBERLANJUTAN LAYANAN MODA PARATRANSIT SEPEDA MOTOR DI MASA MENDATANG (STUDI KASUS DI KOTA SURAKARTA – JAWA TENGAH)
(2011-05)Suatu usaha dapat dianggap layak secara finansial bila dapat diyakini bahwa usaha tersebut dapat berkelanjutan. Dengan mengetahui kelayakan finansial dari operasional ojek dan kondisi sosial ekonomi operator ojek, ... -
ANGKUTAN SEDIMEN PENYEBAB PENDANGKALAN PELABUHAN PULAU BAAI BENGKULU DENGAN MODEL DISKRITISASI DINAMIKA OSEANOGRAFI
(2011-05)Pelabuhan Pulau Baai terletak di pantai barat Pulau Sumatera dengan koordinat Geographics 102016'00 "- 102018'30" Bujur Timur dan 03053'00 "- 03055'30" - Lintang Selatan. Untuk menyelesaikan masalah yang terjadi secara ... -
MODEL KECELAKAAN SEPEDA MOTOR PADA RUAS JALAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN GLM (Studi Kasus di Kota Batu)
(2011-05)Model dalam ilmu matematika adalah media bantuan untuk menyederhanakan kenyataan, sehingga akan mempermudah pengetahuan pada fenomena kompleks yang ada. Model transportasi adalah model yang digunakan untuk menjelaskan ... -
PEMANFAATAN LIMBAH ABU SERBUK KAYU SEBAGAI FILLER HOT ROLLED SHEET – BASE (HRS-BASE)
(2011-05)Limbah abu serbuk kayu di kota Ternate, Maluku Utara belum banyakdigunakan untuk campuran aspal. Maka perlu digali lebih banyak lagi pemanfaatannya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh limbah abu serbuk kayu ... -
PENAMBAHAN KAPUR UNTUK PERBAIKAN KARAKTERISTIK TANAH TULAKAN SEBAGAI POZOLAN ALAM UNTUK PENGGANTI SEMEN SEBAGAI BAHAN BAKU BETON
(2011-05)Banyaknya pegunungan aktif di Indonesia membuatnya memiliki deposit tanah pozolan yang berlimpah. Bahan pozolan sudah lama dikenal di Indonesia sebagai bahan bangunan yang dicampur kapur padam. Hanya pengolahannya masih ... -
PENGARUH PENGAWETAN BAMBU WULUNG DENGAN ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA TERHADAP MORTALITAS RAYAP KAYU KERING
(2011-05)Sebagai elemen struktur, salah satu kendala pemakaian bambu adalah sifatnya yang rentan terhadap serangan rayap maupun kumbang bubuk sehingga perlu diawetkan agar dapat dipakai dalam waktu lama Penelitian ini bertujuan ... -
STUDI PRAKTIS KONSEP ZONA TERLARANG CAMPURAN AGREGAT GRADASI MENERUS SUPERPAVE
(2011-05)Pemilihan jenis gradasi dan penetapan porsi aggregat kasar dalam total berat campuran total aggregat dapat mempengaruhi kekuatan, stabilitas, dan daya tahan campuran aspal terhadap kerusakan deformasi plastis dan retak ... -
STUDI PRAKTIS KONSEP ZONA TERLARANG CAMPURAN AGREGAT GRADASI MENERUS SUPERPAVE
(2011-05)Pemilihan jenis gradasi dan penetapan porsi aggregat kasar dalam total berat campuran total aggregat dapat mempengaruhi kekuatan, stabilitas, dan daya tahan campuran aspal terhadap kerusakan deformasi plastis dan retak ... -
EVALUASI DURASI HUJAN PENDEK DALAM PENGEMBANGAN PERANCANGAN BADAI
(2011-05)Data hujan tiap 5 menit yang diambil dari 5 stasiun yang tersebar di wilayah barat daya Johor dianalisis untuk mem-pelajari intensitas-dirasi-frekuensi (IDF) yang berhubungan dengan pengembangan perancangan badai. Penelitian ... -
PANJANG PIPA INLET TERHADAP EFISIENSI POMPA HIDRAM
(2011-05)Pompa hidram merupakan salah satu pompa air yang hemat energi dan ramah lingkungan. Pompa hidram merupakan teknologi tepat guna dalam bidang pemompaan dengan menggunakan tenaga momentum air (water hammer) untuk menaikkan ...