Dukungan Lingkungan Sosial, Minat, dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013
Abstract
Karya tulis ini disusun sebagai laporan hasil penelitian yang telah
dilaksanakan di SMP Muhahammadiyah 1 Surakarta dengan mengambil 171
siswa kelas VIII sebagai sampel penelitian. Tujuan penelitian ini adalah: 1)
menganalisis dan menguji dukungan lingkungan sosial, minat, dan kedisiplinan
belajar terhadap hasil belajar matematika; 2) menganalisis dan menguji
dukungan lingkungan sosial terhadap hasil belajar matematika; 3) menganalisis
dan menguji dukungan minat belajar terhadap hasil belajar matematika; 4)
menganalisis dan menguji dukungan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar
matematika. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif korelasional,
yaitu suatu jenis penelitian kuantitatif dimana peneliti tidak hanya
mendeskripsikan variabel-variabel, tetapi juga menguji sifat hubungan di antara
variabel kuantitatif tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
studi dokumenter dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi linier berganda tiga prediktor, uji F, uji t, sumbangan relatif, dan
sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh empat
kesimpulan, yaitu: 1) ada dukungan lingkungan sosial, minat, dan kedisiplinan
belajar terhadap hasil belajar matematika secara serentak; 2) ada dukungan
lingkungan sosial terhadap hasil belajar matematika secara parsial; 3) ada
dukungan minat belajar terhadap hasil belajar matematika secara parsial; 4) ada
dukungan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika secara parsial.
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Delanggu
Prastyaningrum, Wiwien (Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV 2019, 2019-03)Penelitian ini bertujuan untuk menguji, (1) kontribusi minat belajar, motivasi belajar, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika, (2) kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) kontribusi ... -
Kontribusi Keaktifan Siswa, Fasilitas Belajar, dan Pergaulan di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Hidayat, Burhan Taufiq; Sutama, S (Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) III 2018, 2018-03)Tujuan penelitian, menguji kontribusi keaktifan siswa, fasilitas belajar, dan pergaulan disekolah terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui motivasi belajar. Jenis penelitian ini berdasarkan pendekatan ... -
Sikap Disiplin Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Apriliani, Eka; Ariyanto, A (Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Tujuan penelitian, (1) menguji kontribusi sikap disiplin, fasilitas belajar, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika secara tidak langsung melalui motivasi berprestasi siswa, (2) menguji kontribusi sikap ...