Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Annisa Citra
dc.contributor.authorSlamet HW
dc.date.accessioned2013-07-05T07:13:00Z
dc.date.available2013-07-05T07:13:00Z
dc.date.issued2013-05-15
dc.identifier.citationNurgiyantoro, Burhan, Gunawan dan Marzuki. 2009. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Kartasura: Fairuz Media.en_US
dc.identifier.isbn978-602-17617-2-4
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3251
dc.description.abstractKarya tulis ini disusun sebagai laporan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di SMP Muhahammadiyah 1 Surakarta dengan mengambil 171 siswa kelas VIII sebagai sampel penelitian. Tujuan penelitian ini adalah: 1) menganalisis dan menguji dukungan lingkungan sosial, minat, dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika; 2) menganalisis dan menguji dukungan lingkungan sosial terhadap hasil belajar matematika; 3) menganalisis dan menguji dukungan minat belajar terhadap hasil belajar matematika; 4) menganalisis dan menguji dukungan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif korelasional, yaitu suatu jenis penelitian kuantitatif dimana peneliti tidak hanya mendeskripsikan variabel-variabel, tetapi juga menguji sifat hubungan di antara variabel kuantitatif tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumenter dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda tiga prediktor, uji F, uji t, sumbangan relatif, dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh empat kesimpulan, yaitu: 1) ada dukungan lingkungan sosial, minat, dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika secara serentak; 2) ada dukungan lingkungan sosial terhadap hasil belajar matematika secara parsial; 3) ada dukungan minat belajar terhadap hasil belajar matematika secara parsial; 4) ada dukungan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika secara parsial.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectlingkungan sosialen_US
dc.subjectminat belajaren_US
dc.subjectkedisiplinan belajaren_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.titleDukungan Lingkungan Sosial, Minat, dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record