dc.contributor.author | Sari, Annisa Citra | |
dc.contributor.author | Slamet HW | |
dc.date.accessioned | 2013-07-05T07:13:00Z | |
dc.date.available | 2013-07-05T07:13:00Z | |
dc.date.issued | 2013-05-15 | |
dc.identifier.citation | Nurgiyantoro, Burhan, Gunawan dan Marzuki. 2009. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sutama. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Kartasura: Fairuz Media. | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-602-17617-2-4 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/3251 | |
dc.description.abstract | Karya tulis ini disusun sebagai laporan hasil penelitian yang telah
dilaksanakan di SMP Muhahammadiyah 1 Surakarta dengan mengambil 171
siswa kelas VIII sebagai sampel penelitian. Tujuan penelitian ini adalah: 1)
menganalisis dan menguji dukungan lingkungan sosial, minat, dan kedisiplinan
belajar terhadap hasil belajar matematika; 2) menganalisis dan menguji
dukungan lingkungan sosial terhadap hasil belajar matematika; 3) menganalisis
dan menguji dukungan minat belajar terhadap hasil belajar matematika; 4)
menganalisis dan menguji dukungan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar
matematika. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif korelasional,
yaitu suatu jenis penelitian kuantitatif dimana peneliti tidak hanya
mendeskripsikan variabel-variabel, tetapi juga menguji sifat hubungan di antara
variabel kuantitatif tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
studi dokumenter dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi linier berganda tiga prediktor, uji F, uji t, sumbangan relatif, dan
sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh empat
kesimpulan, yaitu: 1) ada dukungan lingkungan sosial, minat, dan kedisiplinan
belajar terhadap hasil belajar matematika secara serentak; 2) ada dukungan
lingkungan sosial terhadap hasil belajar matematika secara parsial; 3) ada
dukungan minat belajar terhadap hasil belajar matematika secara parsial; 4) ada
dukungan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika secara parsial. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | lingkungan sosial | en_US |
dc.subject | minat belajar | en_US |
dc.subject | kedisiplinan belajar | en_US |
dc.subject | hasil belajar | en_US |
dc.title | Dukungan Lingkungan Sosial, Minat, dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013 | en_US |
dc.type | Article | en_US |