Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII di SMP Negeri Se-Kabupaten Klaten
Abstract
Tujuan penelitian ini, yaitu: untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan
model pembelajaran STAD dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian
ini termasuk dalam penelitian eksperimental semu, yang populasinya adalah siswa kelas VIII SMP
Negeri Se-Kabupaten Klaten. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified cluster
random sampling. Kemudian, sampelnya dibagi dalam 2 kelompok, yaitu satu kelompok
eksperimen yang diberikan perlakuan metode pembelajatan STAD, sedangkan satu yang lain
merupakan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data diambil dengan melakukan wawancara,
metode dokumentasi, dan metode tes. Dengan metode tes ini diperoleh data prestasi belajar siswa
yang dianalisis menggunakan uji t. Dari hasil analisis menggunakan uji t diperoleh kesimpulan
bahwa: siswa yang diberikan perlakuan dengan model STAD mempunyai prestasi belajar
matematika yang lebih baik daripada metode konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model
pembelajaran STAD lebih efektif daripada metode konvensional
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN DAN ANALISIS PEMBELAJARAN DALAM DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN
Abidin, Zaenal (2007-05)Desain pembelajaran dimulai dengan identifikasi masalah pembelajaran. Analisa kebutuhan adalah cara yang efektif untuk mengidentifiaski masalah-masalah yang muncul dalam sebuah organisasi pembelajaran, terutama bila ... -
STRATEGI PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI (Optimalisasi Kinerja Dosen Dalam Pembelajaran Di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Abidin, Zaenal (2005-05)Pada umumnya implementasi strategi pembelajaran aktif di Perguruan Tinggi masih bersifat paedagogis, akan tetapi tidak demikian halnya proses pembelajaran di Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta ... -
PERSEPSI DOSEN STUDI ISLAM DAN MAHASISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN ORANG DEWASA (Studi Kasus Pembelajaran Studi Islam Model Baitul Arqam di Pondok HNS- UMS)
Zuhri, Saifuddin; Abidin, Zaenal (2008-11)Pembelajaran ditujukan untuk memfasilitasi seluas-luasnya bagi mahasiswa agar mengembangkan didekati dengan konvensional dan pendekatan pemberdayaan aktif. Faktor penunjang dalam pembelajaran model Baitul Arqam adalah para ...