• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII di SMP Negeri Se-Kabupaten Klaten

    Thumbnail
    View/Open
    69_157_Makalah Rev_YULIANA.pdf (368.4Kb)
    Date
    2016-03-12
    Author
    Yuliana
    Yuwono, M Ridlo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini, yaitu: untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran STAD dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimental semu, yang populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Klaten. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified cluster random sampling. Kemudian, sampelnya dibagi dalam 2 kelompok, yaitu satu kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan metode pembelajatan STAD, sedangkan satu yang lain merupakan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data diambil dengan melakukan wawancara, metode dokumentasi, dan metode tes. Dengan metode tes ini diperoleh data prestasi belajar siswa yang dianalisis menggunakan uji t. Dari hasil analisis menggunakan uji t diperoleh kesimpulan bahwa: siswa yang diberikan perlakuan dengan model STAD mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada metode konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD lebih efektif daripada metode konvensional
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7007
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) I 2016

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN DAN ANALISIS PEMBELAJARAN DALAM DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN 

      Abidin, Zaenal (2007-05)
      Desain pembelajaran dimulai dengan identifikasi masalah pembelajaran. Analisa kebutuhan adalah cara yang efektif untuk mengidentifiaski masalah-masalah yang muncul dalam sebuah organisasi pembelajaran, terutama bila ...
    • STRATEGI PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI (Optimalisasi Kinerja Dosen Dalam Pembelajaran Di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta) 

      Abidin, Zaenal (2005-05)
      Pada umumnya implementasi strategi pembelajaran aktif di Perguruan Tinggi masih bersifat paedagogis, akan tetapi tidak demikian halnya proses pembelajaran di Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta ...
    • PERSEPSI DOSEN STUDI ISLAM DAN MAHASISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN ORANG DEWASA (Studi Kasus Pembelajaran Studi Islam Model Baitul Arqam di Pondok HNS- UMS) 

      Zuhri, Saifuddin; Abidin, Zaenal (2008-11)
      Pembelajaran ditujukan untuk memfasilitasi seluas-luasnya bagi mahasiswa agar mengembangkan didekati dengan konvensional dan pendekatan pemberdayaan aktif. Faktor penunjang dalam pembelajaran model Baitul Arqam adalah para ...

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV