Proceedings: Recent submissions
Now showing items 5481-5500 of 7463
-
Social Stories Wayang Punakawan sebagai Media Pendidikan Karakter Anak Usia Dini
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Social stories Punakawan merupakan media pendidikan karakter anak usia dini berbasis kearifan lokal dengan keunikan a) cerita pendek memuat karakter positif dalam kehidupan sehari-hari, b) konkret dan lucu menggunakan media ... -
Pendidikan Karakter Taruna Sekolah Tinggi Kedinasan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Sekolah tinggi kedinasan merupakan sekolah tinggi yang berada di bawah naungan kementerian perhubungan. Mahasiswa yang bersekolah di sekolah kedinasan biasanya dikenal dengan istilah taruna. Pendidikan karakter yang ... -
Studi Deskriptif Mengenai Adversity Quotient pada Guru Sekolah Dasar di SLB-D X Bandung
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Pendidikan berhak diikuti setiap orang, termasuk anak yang memiliki kebutuhan khusus. Salah satu sekolah bagi anak berkebutuhan khusus terutama berkaitan dengan kecacatan fungsi anggota tubuh adalah SLB-D X Bandung. Sekolah ... -
Profil Kekuatan Karakter dan Kebajikan pada Mahasiswa Berprestasi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Pada dasarnya setiap individu memiliki kekuatan karakter yang berbeda dalam meraih prestasi yang diharapkan. Kekuatan karakter tersebut akan menjadi struktur khas kepribadian individu yang membedakan dirinya dengan yang ... -
Invariansi Sebagai Bukti Validitas Pengukuran
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-24)Tantangan yang dihadapi sebuah pengukuran adalah bagaimana tes menghasilkan skor yang presisi sepanjang skala pengukuran, komparabel, dan adil. Konsepsi validitas dalam pengukuran pendidikan dan psikologi mulai jelas sejak ... -
Model Simulasi Kreatif Berbantu Media Video sebagai Alternatif Pembelajaran Inovatif
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Pembelajaran pada dasarnya merupakan suatu interaksi positif antara pengajar dan pebelajar. Pembelajaran inovatif kiranya mampu memfasilitasi siswa dalam membangun pengetahuan sendiri dalam rangka proses perilaku ke arah ... -
Pengembangan Komik dengan Topik Transportasi di Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Tingkat Dasar di Lembaga Alam Bahasa Yogyakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-11-19)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komik. Topik yang digunakan ialah transportasi di Indonesia. Hasil penelitian ini ditinjau dari kualitas isi, tujuan, instruksional, dan teknis. Metode ... -
Model Pembelajaran Cooperative Tipe Script sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Menyimak merupakan langkah awal dari proses pembelajaran berbahasa. Menyimak juga merupakan keterampilan yang pertama kali dipelajari dan dikuasai manusia. Berkaitan dengan kemampuan menyimak ini, siswa harus mampu mengingat ... -
Budaya Literasi Kunci Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Berkualitas pada Era MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Bahasa hanya dimiliki oleh manusia. Seperti halnya bahasa Indonesia yang hanya dimiliki oleh bangsa Indonesia. Namun saat ini, bahasa Indonesia bukanlah milik seluruh rakyat Indonesia, tapi hanya dimiliki oleh para akademisi ... -
Model Ikol: Inovasi Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Model IKOL merupakan perpaduan dua model pembelajaran, yaitu model investigasi kelompok dan model organisasi lanjutan. Perpaduan dua model ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja siswa dalam pembelajaran sekaligus mampu ... -
Menilik Keberadaan Bahasa (Sastra) Indonesia sebagai Penghela Ilmu Pengetahuan Di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Bahasa Indonesia menjadi bahasa penghela ilmu pengetahuan pada Kurikulum 2013 telah terlebih dahulu melalui perjalanan yang sangat panjang. Perjalanan bahasa Indonesia diawali sebagai bahasa persatuan di tahun 1928, bahasa ... -
Model Cinta sebagai Inovasi Model Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Pengoptimalan Keterampilan Menulis Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Paradigma baru pembelajaran bahasa Indonesia saat ini tengah diupayakan untuk mengubah orientasi pembelajaran bahasa yang teoretis gramatikal ke arah fungsi komunikatif. Berkaitan dengan model pembelajaran, menurut paradigma ... -
Kartif Kakising Alternatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN Kebakkramat
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011-12-19)Penelitian ini bertujuan Mendiskripsikan penerapan pembelajaran dengan media kartif kakising di SMA Negeri Kebakkramat.Mendiskripsikan proses pembelajaran dengan media kartif kakising di SMA Negeri Kebakkramat. ... -
Quizlet : Penggunaan Aplikasi Smartphone untuk Siswa dalam Mendukung Mobile Learning
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)In our ever-changing marketplace, today’s students are being educated, largely, for jobs that haven’t yet been invented. Technology is being created and updated at a frenetic pace, and growing more pervasive and useful ... -
Menuju Kualitas Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Berkarakter Kebangsaan dalam Menyongsong Era MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Pendidikan merupakan sebuah strategi mencerdasakan manusia. Kecerdasan manusia menunjukkan identitas sebuah bangsa. Pendidikan yang berkualitas menunjukkan jati diri bangsa yang berkualitas pula. Bangsa Indonesia sebagai ... -
Bahasa Indonesia dalam Model Pembelajaran Integratif dan Media Pembelajaran Inovatif Serta Kaitannya dengan Kecakapan Hidup (Life Skills)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model pembelajaran integratif dan media inovatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia serta relevansinya dengan kecakapan hidup (life skills). Penelitian ini berupa studi pustaka. ... -
Evaluasi Autentik terhadap Penilaian Pembelajaran Sastra Tradisional pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Salah satu teknik penilaian yang memiliki relevansi kuat dengan pendekatan saintifik seperti dalam pembelajaran sastra tradisional adalah penilaian otentik. Dalam pembelajaran bahasa, penilaian otentik tidak sekadar ... -
Peran Guru dan Strategi Bude Kokom (Belajar Untung dengan Kooperatif Kompetitif) dalam rangka Optimlasisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era MEA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Kajian ini didasarkan pada kepedulian penulis sebagai masyarakat penutur bahasa Indonesia terhadap pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia melalui kegiatan pembelajaran bahasa saat menghadapi era Masyarakat Ekonomi ... -
Pemanfaatan Komik Strip sebagai Alternatif Pengembangan Bahan Ajar Memproduksi Cerita Ulang di SMA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Guru dalam perkembangan kurikulum saat ini memiliki tuntutan yang cukup bervariasi. Guru tidak hanya berperan sebagai fasilitator, tetapi juga motivator, inspirator, konduktor, serta evaluator. Tugas guru yang paling utama ... -
Pengaruh Menyimak Cerita terhadap Kemampuan Bercerita Fiksi pada Anak
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-12-19)Penulisan makalah ini bertujuan untuk 1) mengetahui apakah menyimak cerita dapat memengaruhi kemampuan anak bercerita fiksi 2) mengetahui bagaimana proses menyimak mampu memengaruhi kemampuan anak dalam bercerita fiksi. ...
