Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) Ke-1: Recent submissions
Now showing items 41-60 of 163
-
Analisis Kemampuan Kognitif, Menalar dan Sikap Siswa SMP pada Materi Ekosistem Dikaitkan dengan Gender
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Perbedaaan gender dalam pendidikan dan kemampuan belajar siswa telah banyak dipelajari, khususnya pada ilmu sains, teknologi dan matematika. Termasuk pada bidang IPA/biologi khususnya pada materi ekosistem yang menunjukkan ... -
Pengembangan Model Refleksi Pada Lesson Study Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA di Sekolah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model refleksi pada lesson study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif. Uji coba dilakukan enam kali di dua sekolah ... -
Kecakapan Berpikir Kritis dan Literasi Ilmiah Siswa Kelas XI IPA 7 SMAN 1 Karanganyar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Kecakapan berpikir kritis dan literasi ilmiah merupakan kecakapan yang penting bagi siswa. Berpikir kritis merupakan salah satu tujuan dari pendidikan abad 21. Berpikir kritis adalah berpikir reflektif untuk memutuskan ... -
Pembelajaran Berbasis Proyek Tentang Pencemaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek tentang pencemaran dalam meningkatan kemampuan berfikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam ... -
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Sains Teknologi Masyarakat untuk Meningkatkan Hasil
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran pencemaran lingkungan berpendekatan saintifik dengan model sains teknologi masyarakat (STM) untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemangkat ... -
Pewarisan Pengetahuan Tanaman Obat di Desa Garu Kabupaten Landak
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Dewasa ini muncul kecenderungan masyarakat untuk kembali ke alam dengan mengkonsumsi obat-obatan tradisional yang berasal dari tanaman karena adanya kepercayaan akan keamanan penggunaan obat-obatan tradisional dan hematnya ... -
Analisis Kebutuhan Buku Ajar Berdasarkan Model Pengembangan Borg And Gall Untuk Matakuliah Taksonomi Hewan Vertebrata Pada Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Jember
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Matakuliah Taksonomi Hewan Vertebrata merupakan matakuliah yang membahas mengenai sistem pengelompokan hewan berdasarkan karakteristik morfologi, biokimia, tingkah laku, ekologi, dsb. Salah satu kajian penting dalam ... -
Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Evolusi Materi Spesiasi Berbasis Penelitian Berdasar Model Pengembangan Dick And Carey Untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Jember
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan buku ajar evolusi berbasis penelitian untuk mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember pada Materi Spesiasi yang berdasar pada enam ... -
Analisis Kebutuhan Buku Ajar Tabm Berbasis Penelitian untuk Mahasiswa S1 Jurusan Biologi Universitas Negeri Gorontalo
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Matakuliah Teknik Analisis Biologi Molekuler (TABM) merupakan salah satu matakuliah yang akan segera diterapkan untuk mahasiswa semester VI jurusan Biologi Universitas Negeri Gorontalo. Matakuliah TABM merupakan salah ... -
Analisis Kebutuhan Buku Ajar Berbasis Penelitian Materi Filogenetik Molekuler untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Jember Berdasarkan Model Pengembangan Addie
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Filogenetik molekuler merupakan salah satu pokok bahasan dalam mata kuliah Evolusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan buku ajar mata kuliah Evolusi materi filogenetik molekuler untuk ... -
Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Materi Genetik pada Matakuliah Genetika di Universitas Negeri Malang
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran yang dapat membantu kelancaran belajar mahasiswa. Matakuliah genetika merupakan matakuliah yang diajarkan di Universitas Negeri Malang pada jenjang S1 ... -
Pemanfaatan Tanaman Mangrove di Kawasan Pancer Pantai Cengkrong Trenggalek Jawa Timur sebagai Media Belajar Biologi Siswa SMA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Mangrove adalah suatu komunitas tumbuhan atau suatu individu jenis tumbuhan yang membentuk komunitas di daerah pasang surut. Mangrove merupakan materi yang penting dipelajari karena merupakan salah satu komponen penyusun ... -
Inventarisasi Tumbuhan Paku Kelas Filicinae di Kawasan Watu Ondo sebagai Media Belajar Mahasiswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Tumbuhan paku merupakan tumbuhan peralihan antara tumbuhan bertalus dengan tumbuhan berkormus. Tumbuhan paku di Indonesia memiliki keragaman jenis dan memiliki manfaat dalam memelihara ekosistem hutan, tanaman hias, ... -
Pengembangan Blended Learning di Pendidikan Biologi FKIP UMS: Prospek dan Tantangannya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Keterampilan abad-21 merupakan keterampilan yang dibutuhkan oleh manusia untuk dapat hidup layak di abad-21. Salah satu keterampilan abad-21 adalah penguasaan Teknologi Info-masi dan Komunikasi (TIK). Implikasi strategis ... -
Eksplorasi Kemampuan Awal Literasi Biologi Siswa Kelas X SMAN 7 Malang
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)ada abad 21, sains mengalami kemajuan yang sangat pesat. Berbagai permasalahan di kehidupan sehari-hari tidak lepas dari sains, sehingga penting sekali untuk melatih kemampuan literasi sains pada siswa. Berdasarkan studi ... -
Pengembangan Modul Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Berbantuan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Siswa SMP Kota Malang
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Bahan ajar memiliki peran sangat penting bagi guru, siswa, serta pada kegiatan pembelajaran. Salah satu jenis bahan ajar yang dapat digunakan untuk memudahkan siswa dalam belajar adalah modul. Modul merupakan salah satu ... -
Pemanfaatan Tumbuhan Suku Poaeceae di Taman Hutan Raya R Soerjo sebagai Media Penunjang Identifikasi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Perubahan tuntutan kurikulum membuat bahan kajian yang ada perlu dilengkapi dan diperbarui sehingga capaian pembelajaran yang telah dirancang dapat tercapai maksimal. Matakuliah Keanekaragaman Tumbuhan memiliki capaian ... -
Pemanfaatan Lahan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Pemanfaatan lahan sekolah sebagai sumber belajar merupakan salah satu strategi dalam menyampaikan materi kepada siswa dimana tujuannya agar siswa termotivasi dalam belajar dan tujuan akhir yaitu meningkatkan hasil belajar ... -
Pengembangan Modul Sebagai Solusi Mengoptimalkan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari, Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan, dan Keterampilan Memecahkan Masalah Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki hasil pertanian yang melimpah. Pada tahun2014 produksi gabah kering di Indonesia sebanyak 70,83 juta ton, jagung 19,03 juta ton, kedelai953,96 ribu ton, cabai 1,03 juta ton ... -
Penerapan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari dan Pengaruhnya Terhadap Pengetahuan Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan Masyarakat di Kelurahan Bareng Kota Malang
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-21)Ketahanan pangan merupakan kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi setiap rumah tangga yang terlihat dari ketersediaan pangan yang cukup baik, serta jumlah maupun mutunya aman, merata dan terjangkau. Tetapi dari tahun ...