Prosiding The National Conference on Management and Business (NCMAB): Recent submissions
Now showing items 141-160 of 180
-
Lembaga Keuangan Mikro Syariah Berbasis Agribisnis
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)Masalah kemiskinan dan pengangguran merupakan salah satu persoalan mendasar terutama Negara berkembang yakni Indonesia. Penduduk miskin di Indonesia pada tahun 2012 sebesar 28,59 juta atau 11.66% , dibandingkan dengan ... -
Strategi Mengelola Perubahan Melalui Learning Organisation Industri Kecil dan Menengah pada Industri Batik di Kota Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)Penelitian learning organizations bertujuan untuk (1) mendeskripsikan sejauhmana kalangan indutri kecil dan menengah telah melakukan strategi pengelolaan perubahan melalui learning organization; (2) menganalisis apakah ... -
Pengaruh Asimetri Informasi dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Praktik Earnings Management (Kajian Perbandingan Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks Syariah dan Indeks Konvensional Bursa Efek Indonesia)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)This research aims (1) to determine differences of earnings management practices at companies listed in the sharia and the conventional index, (2) to determine the effect of information asymmetry and mechanisms of ... -
Green Accounting, Mengapa dan Bagaimana?
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)Selama ini laporan keuangan belum mampu untuk menghadirkan informasi pelaporan aktivitas pemberdayaan lingkungan. Green accounting merupakan suatu upaya untuk menghubungkan kepentingan ekonomi perusahaan dan pelestarian ... -
Motivasi dan Kompetensi Pengaruhnya Terhadap Kesuksesan Pengusaha Wanita
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)Motivasi dan kompetensi diperlukan untuk membangun kinerja organisasional. Kinerja organisasi dalam penelitian ini digambarkan dengan kesuksesan. Kesuksesan suatu organisasi dipengaruhi motivasi dan kompetensi orang-orang ... -
Green Marketing: Memperkuat Daya Saing Merek Melalui Green Brand Equity
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)Dalam rangka memperkenalkan dan membangun pilihan terhadap produk/merek merek hijau, pemasar perlu melakukan beberapa upaya dalam pemasaran. Salah satunya adalah dengan memperkuat merek melalui penciptaan Ekuitas Merek ... -
Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Csr (Survey Padaindustri Perbankan di Indonesia)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)Corporate Social Responsibility (CSR) adalah basis teori tentang perlunya sebuah perusahaan membangun hubungan harmonis dengan masyarakat dan lingkungan tempat beroperasi. Dimana CSR dapat didefinisikan sebagai tanggungjawab ... -
Perspektif Pemasaran Global dalam Bisnis Internasional
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)Bisnis pada saat ini merupakan hubungan-hubungan global antar perusahaan multinasional yang akan mewujudkan norma, terutama bagi perusahaan yang mempunyai usaha meningkatkan shareholder value melalui penerapan strategi ... -
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studiempiris pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)This study aims to examine the factors that influence disclosure of corporate social responsibility (CSR). Factors which affect the disclosure of corporate social responsibility (CSR), are leverage, profitability, firm ... -
Pengaruh Layanan Biro Administrasi Akademik Terhadap Loyalitas Mahasiswa dengan Moderating Variabel Kepuasan di Industri Pendidikan (Studi Kasus Institut Teknologi dan Bisnis Kalbe)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)The research is The Effect Service Administration Academic towards Student Loyalty with moderating variabels satisfaction on Institut Teknologi Bisnis Kalbe. The reason why this research was educational institution in ... -
Rasionalitas Memilih Transaksi dengan Bank Syariah (Perspektif Teori Bounded Rationality)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)Rational concept of NIE `bounded rationality developed by Herbert Simon is a synthesis of the theory of rationale choice of Neo-classic “utility maximization” and “self-interest” and rational concept based on habits and ... -
Promoting A Market Competition: An Islamic Perspective
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)Tujuan dari tulisan ini adalah menganalisis ajaran agama Islam yang mendorong kompetisi pasar. Sanagat penting untuk menganalisis ajaran ini sebab ajaran ini memberikan pendekatan yang berbeda dan lebih ... -
Studi Eksploratori Pola Atribusi Keberhasilan dan Kegagalan Bisnis: Sebuah Persepsi Dari Pengusaha Kecil dan Mikro Pribumi dan Tionghoa di Surabaya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)Dalam usaha mencapai tujuan bisnis ada pengusaha atau wirausahawan yang berhasil dan gagal. Salah satu teori untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu keberhasilan dan kegagalan bisnis adalah teori atribusi. Teori ini ... -
Pemberdayaan UKM Melalui Peran Perguruan Tinggi Guna Memperoleh Pembiayaan Syariah
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)Results of research conducted by various groups in various regions in Indonesia eventually converging on a relatively similar conclusion, that In fact there are three general aspects of the problems of SMEs over the ... -
Pengaruh Rasio Profitabilitas, Der, Pbv, dan Per Terhadap Harga Saham Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh rasio Probabilitas (NPM, ROA, ROE, dan EPS), DER, PBV, dan PER secara bersama-sama maupun secara parsial, serta untuk mengetahui rasio yang paling dominan ... -
Analisis Pengaruh Locus Of Control pada Kinerja Karyawan
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh locus of control terhadap kinerja individu dan untuk mengathui indek persepsi pegawai pada variabel locus of control dan kinerja individu pegawai. Sample ... -
Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh faktor-faktor fundamental perusahaan terhadap harga saham perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Adapun variabel dari faktor fundamental adalah Earning Per Share (EPS), ... -
Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bei Tahun 2008-2010
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)Purpose of the research is to know effect of Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE) and Net Profit Margin (NPM) on stock prices of banking companies listed in Indonesian Exchange of 2008-2010 period. Results of ... -
Peran Keuangan Lembaga Mikro Syariah untuk Usaha Mikro di Wonogiri
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)The aim of this research is to analyze role of sharia micro finance institution (BMT) for empowering and developing micro industry in Wonogiri residence. The researchers use simple linier regression to analyze this model. ... -
Baitul Maal Wa Tamwil-Desa (BMT-D) Sebagai Model Revitalisasi Fungsi dan Peran Lumbung Pangan Desa untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan (Hasil Riset Tahun Pertama)
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013-03-23)The purpose of this study was to determine the level of production, availability of food for the community and analyze the level of accessibility of food for households in villages in the district behind Sukoharjo. The ...