Browsing Prosiding Seminar Nasional Pendidikan by Title
Now showing items 21-40 of 156
-
Efektivitas Perhatian Orangtua dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDM 15 Surakarta Tahun 2016/ 2017
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)ujuan penelitian ini untuk mengetahui (1)Efektivitas perhatian orangtua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas tinggi SD Muhammadiyah 15 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, (2)Efektivitas perhatian ... -
Evaluasi Program Magang Mahasiswa PGSD di Sekolah Dasar
(Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS, 2017-05-13)Penelitian ini dimaksudkan untuk dapat: mendeskripsikan pelaksanaan Program Magang prodi PGSD, mendapatkan informasi tentang hambatan, dan kendala pelaksanaan Magang sejak perencanaan hingga pelaksanaan Magang, informasi ... -
Faktor Pendorong Perkembangan Positif Anak: Studi Review tentang Permainan Tradisional
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Permasalahan anak di era kemudahan akses informasi beraneka ragam jenisnya. Permasalahan yang timbul dipicu oleh pola asuh dan lingkungan pergaulan yang salah. Perkembangan positif anak dapat didorong melalui kegiatan ... -
Fenomena Bullying di SD Negeri 3 Manggung Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Penyebab kekerasan anak di sekolah kebanyakan datang dari teman sebaya atau kakak tingkat yang melakukan intimidasi terhadap pihak yang lebih lemah. Bullying merupakan salah satu bentuk kekerasan yang Kita tidak sadari ... -
Fenomena Bullying di SD Negeri 3 Manggung Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penyebab kekerasan anak di sekolah kebanyakan datang dari teman sebaya atau kakak tingkat yang melakukan intimidasi terhadap pihak yang lebih lemah. Bullying merupakan salah satu bentuk kekerasan yang Kita tidak sadari ... -
Hubungan Organisasi dengan Mahasiswa dalam Menciptakan Leadership
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penelitian ini dilakukan oleh mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk mengetahui peranan UKM Ekspo terhadap minat berorganisasi Mahasiswa Pendidikan Guru sekolah Dasar UMS tahun 2014. Penelitian ini menggunakan teknik ... -
Hubungan Organisasi dengan Mahasiswa dalam Menciptakan Leadership
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Penelitian ini dilakukan oleh mahasiswa PGSD yang bertujuan untuk mengetahui peranan UKM Ekspo terhadap minat berorganisasi Mahasiswa Pendidikan Guru sekolah Dasar UMS tahun 2014. Penelitian ini menggunakan teknik ... -
Implementasi Layanan Bimbingan Konseling di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)SD Muhammadiyah Program Khusus merupakan satu dari sekian banyak SD Muhammadiyah yang berada di kota Surakarta. Hadir dan berkembang diharapkan memberi wacana untuk alternatif layanan bimbingan konseling bagi warna ... -
Implementasi Layanan Bimbingan Konseling di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)SD Muhammadiyah Program Khusus merupakan satu dari sekian banyak SD Muhammadiyah yang berada di kota Surakarta. Hadir dan berkembang diharapkan memberi wacana untuk alternatif layanan bimbingan konseling bagi warna ... -
Implementasi Media Mas Novel berbasis Kearifan Lokal untuk Penanaman Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa SD
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)This research is a development research which consists of 3 stages, namely: preparing for the experiement, design experiment, and retrospective analysis. The location of this research was conducted at SD Djama’atul Ichwan ... -
Implementasi Pembelajaran berkarakter pada Matapelajaran Bahasa indonesia di SD Muhammadiyah 10 Surakarta: Kendala dan Solusinya
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014-05-03)Mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang cenderung menggunakan pendekatan monolitik dan bersifat top down. Guru hanya menekankan pada pembahasan apa yang ada dalam buku teks, tanpa dikaitkan dengan ... -
Implementasi Pembelajaran Inovatif dan Kreativitas Guru dalam Pendidikan Profetik di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun 2014
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran inovatif dan kreatifitas guru dalam pendidikan profetikdi SDIT Nur Hidayah Surakarta dengan menggunakan pengamatan, wawancara dan melihat dan menganalisis ... -
Implementasi Pembelajaran Inovatif dan Kreativitas Guru dalam Pendidikan Profetik di SDIT Nur Hidayah Surakarta Tahun 2014
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran inovatif dan kreatifitas guru dalam pendidikan profetikdi SDIT Nur Hidayah Surakarta dengan menggunakan pengamatan, wawancara dan melihat dan menganalisis ... -
Implementasi Think Talk Write (TTW) dalam Pembelajaran Menulis Surat Resmi di Sekolah Dasar
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Menulis surat resmi di sekolah dasar menjadi salah satu pembelajaran yang membutuhkan pemikiran yang dituangkan dalam bentuk gagasan. Kajian tulisan ini membahas mengenai menulis surat resmi dengan menggunakan model think ... -
Inovasi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence dalam Kegiatan Pembelajaran Membaca Kelas 1 di MI Muhammadiyah PK Kartasura
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Pada sekolah dasar, membaca merupakan keterampilan dasar potensial. Terdapat dua sasaran pokok pembinaan keterampilan membaca, yaitu peningkatan kemampuan membaca dan membangun budaya membaca. Siswa sebagai subyek belajar ... -
Inovasi Pembelajaran Matematika berbasis Double Loop Learning: Menumbuh Kembangkan Peserta Didik Mandiri dan Bermartabat
(Seminar Nasional Pendidikan 2018, 2018-12)Inovasi model pembelajaran matematika berbasis double loop learning yang efektif meningkatkan output pembelajaran. Pembelajaran matematika berbasis double loop learning, dalam paradigma “peserta didik aktif mengkontruksi ... -
Integralistik Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Fakta di sekolah dasar, kegiatan Bimbingan Konseling tidak diberikan oleh Guru Pembimbing secara khusus seperti di jenjang pendidikan SMP dan SMA. Guru kelas harus menjalankan tugasnya secara menyeluruh, baik tugas ... -
Integralistik Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Fakta di sekolah dasar, kegiatan Bimbingan Konseling tidak diberikan oleh Guru Pembimbing secara khusus seperti di jenjang pendidikan SMP dan SMA. Guru kelas harus menjalankan tugasnya secara menyeluruh, baik tugas ... -
Integrasi Nilai Karakter dalam Materi Pembelajaran PPKN di SMA
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05)Materi ajar merupakan salah satu cara bagi pengintegrasian nilai-nilai karakte dalam suatu mata pelajaran. Diasumsikan bahwa jika sebuah materi ajar mampu memuat dan mengorganisasi nilai-nilai karakter didalamnya secara ... -
Integrasi Nilai Karakter dalam Materi Pembelajaran PPKn
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Materi ajar merupakan salah satu cara bagi pengintegrasian nilai-nilai karakte dalam suatu mata pelajaran. Diasumsikan bahwa jika sebuah materi ajar mampu memuat dan mengorganisasi nilai-nilai karakter didalamnya secara ...