Proceedings: Recent submissions
Now showing items 5801-5820 of 7463
-
Pembelajaran Lesson Study Berbantuan Software Graphmatica dalam Materi Transformasi Grafik Fungsi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Kemampuan spasial seorang siswa mempunyai tingkat berbeda dengan siswa yang lainnya.Dengan kemampuan ini siswa dapat lebih cepat memahami suatu materi matematika yang berkaitan dengan ruang. Pada artikel ini akan dibahas ... -
Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pembelajaran Two Stay Two Stray yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, untuk mengetahui peningkatan komunikasi matematis siswa, dan peningkatan ... -
Identifikasi Relevance Values dan Theoretical Knowledge Valuesdi Buku Matematika Sekolah Menengah Pertama Semester I Kelas VII yang Menerapkan Kurikulum 2013
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)The purposes of this research study are (1) To identify how relevance values and theoretical knowledge values presented in Junior High School Semester I Year VII mathematics textbook applying 2013 curriculum; (2) To ... -
Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Matematika Berdasarkan Teori Respon Butir
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Studi ini bertujuan untuk melihat kualitas tes ujian akhir semester (UAS) matematika berdasarkan teori respon butir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ... -
Modifikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan NHT dengan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diantara model pembelajaran TPS dengan pendekatan CTL, NHT dengan pendekatan CTL dan langsung, model pembelajaran manakah yang dapat memberikan prestasi belajar matematika lebih ... -
Eksperimentasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Fungsi Ditinjau dari Interaksi Sosial Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik pada model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan saintifik, siswa dengan tingkat interaksi sosial ... -
Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Mathematics terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri I Tempurejo Jember
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh metode pembelajaran matematika di luar kelas terhadap perubahan sikap siswa terhadap matematika pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri I Tempurejo ... -
Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Faktorisasi Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 1 Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa kemampuan tinggi dalam memecahkan masalah pada materi faktorisasi bentuk aljabar, (2) untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa kemampuan ... -
Diagnosis Kesulitan Pemecahan Masalah Statistika Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Turen Malang dan Upaya Mengatasinya dengan Pemberian Scaffolding
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Dalam pembelajaran matematika, pemecahan masalah merupakan hal yang sangat penting, karena siswadapat mengembangkan daya nalar untuk berfikir ke tingkat lebih tinggi. Salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan dalam ... -
Kesulitan Melukis, Memahami Lingkaran Dalam dan Luar Segitiga pada Mahasiswa Semester 1 Pendidikan Matematika UMS
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)This studyaimed to describethe ability ofstudentsin paintingandunderstand thegeometry ofthe field on thecoursecompetenciesin thecircleandoutside the triangleanddeterminethe causes ofthe difficultiesexperienced bystudents. ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Humanistik Berbasis Konstruktivistik Menggunakan ICT Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIISMP Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Sebagai prasyarat ... -
Pengembangan Bahan Ajar Geometri Analitik Berbasis Guided Discovery Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan bahan ajar geometri analitik berbasis guided discovery yang dapat memfasilitasi pencapaian kemampuan berpikir kritis mahasiswa program studi pendidikan matematika UIN ... -
Membangun Pengetahuan Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Outdoor Mathematics
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Pembelajaran matematika yang dilakukan di dalam kelas kurang optimal dalam membangun pengetahuan matematika siswa Sekolah Dasar (SD. Sehingga perlu dilakukan pembelajaran matematika di luar kelas. Bagaimana cara melakukan ... -
Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Peningkatan Kreativitas Matematika Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu model pembelajaran matematika yang diamanatkan oleh kurikulum 2013. Pembelajaran ini menekankan siswa untuk menguasai matematika bukan hanya melalui hafalan yang ... -
Pengembangan Karakter dan Kecerdasan Emosional pada Pembelajaran Matematika Project Based Learning dalam Menghadapi Era Globalisasi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Kualitas mutu pendidikan di perguruan tinggi dalam menghadapi era globalisasi perlu ditingkatkan melalui pembelajaran, terutama pembelajaran matematika. Salah satu upaya inovasi pembelajaran matematika dalam era globalisasi ... -
Integrasi Kurikulum Cambridge dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (Perpektif Pengembangan Prosedur )
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui cara mengintegrasikan kurikulum Cambridge ke dalam kurikulum 2013 di mata pelajaran matematika kelas 7 dan 2) hasil pembelajaran dari implementasi kurikulum terintegrasi. Pendekatan ... -
Identifikasi Proses Berpikir Berdasarkan Asimilasi dan Akomodasi Dalam Memecahkan Masalah Geometri pada Siswa SMP Penyandang Tunanetra
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi asimilasi atau akomodasi yang terjadi pada proses berpikir siswa SMP penyandang tunanetra dalam memecahkan masalah geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif ... -
Peran Permainan Ular Tangga dalam Pembentukan Karakter pada Pembelajaran Matematika Realistik
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakter yang terbentuk pada pembelajaranmatematika realistik berbasis permainan ular tangga. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui kegiatan ... -
Model Pembelajaran Bahasa Inggris pada Taman Kanak-Kanak Widyapura Pajang, Surakarta
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-09)Maksud diadakannya penelitian ini untuk mengidentifikasi model pembelajaran bahasa Inggris serta mengklasifikasikan kelemahan dan kelebihan model pembelajaran bahasa Inggris pada TK Widyapura di Suronalan, Pajang Surakarta. ... -
Identifikasi Pembelajaran Matematika dalam Tradisi Melemang di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-03-07)Tujuan tulisan ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi pembelajaran matematika dalam tradisi melemang masyarakat kerinci yaitu masyarakat Tiga desa ( Koto Lolo, Koto Bento, Koto Tengah) Kecamatan Pesisir ...
