Browsing Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika by Title
Now showing items 29-48 of 125
-
Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Talking Stick terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas III SDN Klitik 1 Ngawi Tahun Ajaran 2017/2018
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar matematika adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran. Fakta di lapangan, masih banyak guru yang menerapkan model pembelajaran ... -
Eksperimen Pembelajaran Dengan Pendekatan Open-Ended dan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-16)Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh yang signifikan pendekatan Open-Ended dan Contextual Teaching and Learning terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh yang signifikan motivasi siswa terhadap ... -
Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning berbasis Mind Mapping Ditinjau Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji (1) pengaruh Problem Based Learning berbasis Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa, (2) pengaruh kemampuan berfikir kreatif matematis terhadap hasil belajar ... -
Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Ekspositori dan STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri 1 Gatak Tahun Pelajaran 2016/2017
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan penelitian ini untuk mengetahui:(1) Pengaruh pembelajaran matematika dengan strategi ekspositori dan STAD terhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh tingkat motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, (3) ... -
Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Team Assisted Individualization dan Quiz Team Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji: (1) pengaruh strategi pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Quiz Team terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan pemecahan masalah ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Metode Pembelajaran Problem Solving dan Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Berpikir Kritis Siswa
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh penggunaan metode pembelajaran Problem Solving dan metode pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan pengaruh ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transfering (REACT) Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015-05-10)There are three aims of this study: (1) Evaluating the difference of student’ mathematics achievement viewed from two difference learning models (PMRI and REACT). (2) Evaluating the difference of students’ matheatics ... -
Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Student Team Achievement Division (STAD) dan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Teras Tahun Ajar 2015/2016
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)danMake A Matchterhadap hasil belajar siswa, (2) Pengaruh keaktifan terhadap hasil belajar ... -
Evaluasi Tingkat Pendidikan Anak di Provinsi Jawa Barat Menggunakan First Order Configural Frequency Analysis
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tingkat pendidikan masyarakat di Indonesia perlu terus-menerus ditingkatkan. Dalam hal efektivitas pelaksanaannya, perlu adanya target khusus daerah mana yang tingkat pendidikannya masih kurang dan perlu dilakukan peninjauan ... -
Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Matematika
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kecemasan matematika dan menemukan faktor-faktor penyebab kecemasan matematika. Jenis penelitian ini adalah studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa ... -
Front Matters
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15) -
Gaya Berpikir Matematika Siswa Dalam Penyelesaian Soal Cerita
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-16)Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan gaya berpikir matematika siswa dalam penyelesaian soal cerita. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif. Waktu penelitian pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Subjek ... -
Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Discovery Learning dan Group Investigation Ditinjau dari Keaktifan Siswa SMP
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan penelitian ini untuk menguji perbedaan penggunaan strategi pembelajaran discovery learning dan group investigation terhadap hasil belajar matematika, untuk menguji perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari ... -
Hubungan Kemampuan Literasi Matematika dengan Berpikir Kritis Mahasiswa
(Prosiding SEMPOA (Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika) 4 2018, 2018-05)Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menelaah bagaimana hubungan antara kemampuan literasi matematika dengan berpikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah pembelajaran matematika SMP. Metode penelitian yang ... -
Identifikasi Etnomatematika pada Masjid Agung di Yogyakarta
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi ethnomatematika peninggalan budaya berupa bagian-bagian bangunan Masjid Agung di Yogyakarta yang dapat dijadikan media penyampaian konsep-konsep matematika. Penelitian ini ... -
Identifikasi Pola Data Curah Hujan Pada Proses Grouping Dalam Metode Singular Spectrum Analysis
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Singular Spectrum Analysis (SSA) adalah teknik peramalan data deret waktu yang sangat kuat dalam memprediksi. Dalam tekniknya digunakan dua buah parameter salah satunya yaitu effect grouping (r) yang digunakan pada tahap ... -
Implementasi Model Penilaian Proyek Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untukmengetahui guru di SMP Muhammadiyah 1 Kartasura sudah memahami penilaian proyek, (2) Mendiskripsikan implementasi penilaian proyek dalam pembelajaran matematika berbasis lesson ... -
Implementasi Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Keaktifan Siswa
(Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016-05-15)Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, ... -
Implementasi Penilaian Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Cooperative Learning Tipe STAD Pada Siswa Kelas VIII Smp Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru di SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo tentang penilaian diri siswa, mendeskripsikan implementasi penilaian diri siswa dalam pembelajaran matematika berbasis cooperative ... -
Implementasi Penilaian Unjuk Kerja dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Cooperative Learning Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun2016/2017
(HMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017-05-14)Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui implementasi penilaian unjuk kerja berbasis cooperative learning tipe STAD. Jenis penelitian Kualitatif dengan desain Tindakan Kelas ...